Apa Itu Bahasa Pemrograman Assembly ? Penjelasan dan Contoh Sintak Assembly

Definisi Bahasa Assembly

WIKKIP.COM – Bahasa Pemrograman Assembly adalah jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis program yang dapat dijalankan langsung oleh komputer. Assembly adalah bahasa pemrograman yang sangat rendah tingkat, yang berarti bahwa setiap baris kode assembly mewakili satu atau beberapa perintah yang akan dieksekusi oleh prosesor.

Assembly menggunakan kode mnemonik yang mewakili perintah-perintah yang dapat dieksekusi oleh prosesor, seperti perintah untuk menambah, mengurangi, atau memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lain. Karena assembly adalah bahasa yang sangat rendah tingkat, pemrogram harus menulis kode yang sangat spesifik dan memperhatikan detail-detail yang mungkin tidak perlu diketahui oleh pemrogram yang menggunakan bahasa pemrograman tingkat atas.

Assembly juga digunakan untuk menulis program yang dioptimalkan untuk performa atau untuk mengakses fitur-fitur prosesor yang tidak tersedia melalui bahasa pemrograman tingkat atas. Namun, karena assembly sangat spesifik untuk arsitektur prosesor tertentu, kode assembly yang ditulis untuk satu jenis prosesor mungkin tidak dapat dijalankan pada prosesor lain tanpa modifikasi.

Contoh Sintak / Coding Bahasa Assembly

  1. Perintah untuk menambah dua bilangan:
  1. Perintah untuk mengurangi dua bilangan:
  1. Perintah untuk memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lain:
  1. Perintah untuk melakukan perbandingan dua bilangan:
  1. Perintah untuk melompat ke label tertentu jika kondisi tertentu terpenuhi:
  1. Perintah untuk memanggil subrutin:
  1. Perintah untuk kembali dari subrutin:

Perlu diingat bahwa sintak assembly mungkin berbeda-beda tergantung dari arsitektur prosesor yang digunakan dan kompiler yang digunakan. Namun sintak diatas adalah contoh umum yang digunakan pada bahasa assembly.


Tags: Arti Kata Assembly, Makna Assembly, Maksud Assembly, Penjelasan Assembly, Pengertian Assembly, Definisi Assembly, Singkatan Assembly, Kepanjangan Assembly

Leave a Reply