Wajib Tahu Inilah 20 Perbedaan Bank konvensional vs Bank Syariah

Wajib Tahu Inilah 20 Perbedaan Bank konvensional vs Bank Syariah

Definisi Bank konvensional

WIKKIP.COM – Bank konvensional adalah bank yang beroperasi dengan mengikuti prinsip-prinsip dasar ekonomi kapitalis dan menggunakan sistem bunga dalam mengelola keuangan nasabahnya. Bank konvensional biasanya juga menyediakan berbagai produk keuangan seperti deposito, kredit, dan asuransi.

Sementara itu, bank syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Bank syariah tidak menggunakan sistem bunga dalam mengelola keuangan nasabahnya, melainkan menggunakan sistem bagi hasil atau profit sharing. Selain itu, bank syariah juga tidak menyediakan produk-produk keuangan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti asuransi jiwa yang mengandung unsur riba.

Perbedaan Bank konvensional vs Bank Syariah

Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara bank konvensional dan bank syariah:

  1. Bank konvensional beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi kapitalis, sedangkan bank syariah beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.
  2. Bank konvensional menggunakan sistem bunga dalam mengelola keuangan nasabahnya, sedangkan bank syariah menggunakan sistem bagi hasil atau profit sharing.
  3. Bank konvensional menyediakan berbagai produk keuangan seperti deposito, kredit, dan asuransi, sedangkan bank syariah tidak menyediakan produk-produk keuangan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.
  4. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan jaminan atau collateral, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan jaminan atau collateral.
  5. Bank konvensional dapat memberikan kredit kepada individu atau perusahaan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, sedangkan bank syariah hanya dapat memberikan kredit kepada individu atau perusahaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.
  6. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan tingkat bunga yang ditentukan oleh bank, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan tingkat bunga yang ditentukan oleh bank.
  7. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan jangka waktu yang ditentukan oleh bank, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan jangka waktu yang ditentukan oleh bank.
  8. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan obligasi atau surat utang, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan obligasi atau surat utang.
  9. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan saham atau surat berharga, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan saham atau surat berharga.
  10. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan sertifikat deposito, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan sertifikat deposito.
  11. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan reksadana atau produk investasi, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan reksadana atau produk investasi.
  12. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk asuransi, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk asuransi.
  13. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan konsumen, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan konsumen.
  14. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan investasi, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan investasi.
  15. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan perdagangan, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan perdagangan.
  16. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan infrastruktur, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan infrastruktur.
  17. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan produktif, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan produktif.
  18. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan korporasi, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan korporasi.
  19. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan keuangan, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan keuangan.
  20. Bank konvensional dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan sektor riil, sedangkan bank syariah tidak dapat memberikan kredit dengan cara mengeluarkan produk pembiayaan sektor riil.

Tags: Arti Kata Bank syariah , Makna Bank konvensional , Maksud Bank konvensional , Penjelasan Bank syariah , Pengertian Bank konvensional , Definisi Bank syariah

Leave a Reply