Apa Itu Bahasa Pemrograman XHTML ? Penjelasan dan Contoh Sintak XHTML

Definisi XHTML

WIKKIP.COM – XHTML adalah singkatan dari Extensible Hypertext Markup Language, yang merupakan versi yang lebih ketat dari HTML (Hypertext Markup Language). XHTML dibuat sebagai upaya untuk menjadikan HTML lebih sesuai dengan standar W3C (World Wide Web Consortium) dan sesuai dengan prinsip-prinsip pemrograman yang lebih ketat. XHTML memiliki sintaks yang lebih ketat dan harus sesuai dengan standar XML (Extensible Markup Language).

Dalam XHTML, tag harus ditutup dengan benar dan atribut harus diberi tanda petik. Selain itu, semua elemen harus ditulis dengan huruf kecil dan tag harus ditulis dengan tanda kurung siku. Ini bertujuan untuk membuat dokumen yang ditulis dalam XHTML lebih mudah untuk diparsing oleh mesin, seperti browser web dan aplikasi lainnya.

XHTML juga memiliki beberapa kemampuan yang tidak tersedia dalam HTML, seperti kemampuan untuk menulis elemen dan atribut dengan huruf kecil atau besar, dan kemampuan untuk menggunakan namespace untuk mengidentifikasi elemen yang ditulis dalam bahasa lain.

XHTML masih populer di kalangan pengembang web, meskipun banyak yang beralih ke HTML5, yang merupakan versi terbaru dari HTML yang memiliki kemampuan yang lebih luas dan fleksibel daripada XHTML.

 

  • Membuat elemen paragraf:

  • Membuat tautan:

  • Membuat gambar:

  • Membuat judul:

  • Membuat daftar:

  • Membuat tabel:

Ini hanya beberapa contoh sintaks dasar XHTML. XHTML memiliki banyak elemen lain yang dapat digunakan untuk membuat struktur, tata letak, dan tampilan dokumen web.


Tags: Arti Kata XHTML, Makna XHTML, Maksud XHTML, Penjelasan XHTML, Pengertian XHTML, Definisi XHTML, Singkatan XHTML, Kepanjangan XHTML

Leave a Reply