Daftar Lengkap Istilah Singkatan kb kk ks kd kg dll Di Kamus Bahasa

Daftar Lengkap Istilah Singkatan kb kk ks kd kg dll Di Kamus Bahasa

Definisi Kamus

WIKKIP.COM – Kamus adalah buku yang berisi daftar kata-kata dalam suatu bahasa, beserta arti atau maknanya dalam bahasa tersebut atau dalam bahasa lain. Kamus biasanya diurutkan berdasarkan abjad, sehingga mudah dicari dan ditemukan. Kamus dapat mencakup kata-kata dari bahasa yang sama atau dari bahasa yang berbeda. Kamus dapat juga mencakup informasi tambahan seperti tata bahasa, penggunaan kata-kata tertentu dalam kalimat, atau contoh kalimat menggunakan kata-kata tersebut. Kamus dapat dibuat dalam bentuk cetak atau dalam bentuk digital. Kamus digital biasanya tersedia dalam aplikasi atau website yang dapat diakses melalui internet. Kamus sangat berguna bagi seseorang yang ingin mempelajari atau menambah pengetahuan tentang bahasa, atau yang ingin memahami arti kata-kata dalam bahasa yang tidak diketahuinya.

Istilah / Singkatan Dalam Kamus Bahasa

kb.

kb. adalah singkatan dari Kata Benda (noun). Kata yang digunakan untuk menunjukkan orang, tempat, benda, hewan, atau gagasan atau abstrak.

kkt.

kkt. adalah singkatan dari Kata Kerja Transitif (verb). Pada kamus lain kkt bisa juga artinya “Kata Keterangan”. Kata kerja adalah kata yang menggambarkan tindakan atau kondisi, dan berperan sebagai predikat dalam sebuah kalimat. Sejumlah kata kerja bisa berupa kata kerja transitip dan intransitip. Apabila suatu jenis kata memiliki objek langsung dan mengalami akibat langsung dari verba (kata kerja), maka verba itu adalah transitip.

kki

kki. adalah singkatan dari Kata Kerja Intransitif (verb). Kata kerja intransitif umumnya ditandai dengan keterangan kki dalam kamus Indonesia-Inggris dan ditulis sebagai vi dalam kamus Inggris-Indonesia secara umum. Sederhananya, kata kerja transitif adalah kata kerja yang tidak bisa diikuti objek dan tidak bisa dipasifkan.

kk.

kk. adalah singkatan dari Kata Keterangan (adverb). Kata keterangan berfungsi menerangkan kata kerja, kata sifat dan kata keterangan itu sendiri.

ks.

ks. adalah singkatan dari Kata Sifat (adjectives). Kata yang berfungsi menerangkan sebuah noun (kata benda). Kata sifat dalam bahasa Inggris diletakkan sebelum kata benda.

kd.

kd. adalah singkatan dari Kata Depan (preposisi). Kata yang ditulis di depan sebelum menuliskan kata benda, kata kerja, kata keterangan, dan jenis kata yang lainnya.

kg.

kg. adalah singkatan dari Kata Ganti (pronoun). Kata yang dapat melakukan segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh kata benda dan merupakan salah satu blok pembangun sebuah kalimat.

ksam.

ksam. adalah singkatan dari Kata Sambung (conjunction). Kata yang digunakan untuk menghubungkan antar kata, antar frasa atau antarklausa.

kseru.

kseru. adalah singkatan dari Kata Seru (interjection). Kata yang mengungkapkan perasaan dan maksud seseorang, misalnya ah dan aduh, atau melambangkan tiruan bunyi, misalnya meong. Bentuk ini biasanya tak dapat diberi afiks dan tidak memiliki dukungan sintaksis dengan bentuk lain.

lih.

lih. adalah singkatan dari Lihat (artinya lihat ke kata yang ditunjuk). lih adalah navigasi ke kata lain yang serupa / sejenis / mirip / turunan kata untuk mendapatkan penjelasan arti kata tersebut.


Tags: Arti Kata Kamus, Makna Kamus, Maksud Kamus, Penjelasan Kamus, Pengertian Kamus, Definisi Kamus

Leave a Reply