Inilah 20 Perbedaan Waktu AM (Ante Meridiem) vs PM (Post Meridiem)

Inilah 20 Perbedaan Waktu AM (Ante Meridiem) vs PM (Post Meridiem)

Definisi AM / PM

WIKKIP.COM – AM dan PM adalah singkatan dari “Ante Meridiem” dan “Post Meridiem” yang merupakan bagian dari sistem penanggalan 12 jam yang digunakan secara luas di seluruh dunia. AM digunakan untuk menunjukkan waktu sebelum tengah hari (noon), sementara PM digunakan untuk menunjukkan waktu setelah tengah hari. Misalnya, 12:00 AM adalah tengah malam (midnight), sedangkan 12:00 PM adalah tengah hari (noon).

Perbedaan Waktu AM / PM

  1. AM adalah singkatan dari “Ante Meridiem” yang berarti “sebelum tengah hari” dalam sistem penanggalan 12 jam. PM adalah singkatan dari “Post Meridiem” yang berarti “setelah tengah hari” dalam sistem penanggalan 12 jam.
  2. AM digunakan untuk menunjukkan waktu sebelum tengah hari (noon), sementara PM digunakan untuk menunjukkan waktu setelah tengah hari.
  3. AM dimulai pada tengah malam (midnight) dan berakhir pada tengah hari (noon), sementara PM dimulai pada tengah hari (noon) dan berakhir pada tengah malam (midnight).
  4. AM ditunjukkan dengan angka yang diikuti dengan “AM” atau hanya dengan “A”, sementara PM ditunjukkan dengan angka yang diikuti dengan “PM” atau hanya dengan “P”.
  5. AM memiliki rentang waktu dari 00:00 sampai 11:59, sementara PM memiliki rentang waktu dari 12:00 sampai 23:59.
  6. AM berlaku untuk waktu di pagi hari, sementara PM berlaku untuk waktu di sore hari.
  7. AM biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu pagi hingga siang hari, sementara PM biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu siang hingga malam hari.
  8. AM sering diasosiasikan dengan waktu di pagi hari yang segar dan energi, sementara PM sering diasosiasikan dengan waktu di sore hari yang santai dan relaks.
  9. AM diawali dengan angka nol (0) sebelum angka satu digit, sementara PM tidak menggunakan angka nol sebelum angka satu digit.
  10. AM dan PM merupakan bagian dari sistem penanggalan 12 jam yang digunakan secara luas di seluruh dunia, sedangkan sistem penanggalan 24 jam yang digunakan di beberapa negara tidak menggunakan konsep AM dan PM.
  11. AM dan PM merupakan konsep yang berlaku untuk waktu lokal, sedangkan waktu universal (UTC) tidak menggunakan konsep AM dan PM.
  12. AM dan PM juga digunakan dalam pengaturan waktu di perangkat elektronik seperti ponsel, komputer, dan jam tangan.
  13. AM dan PM juga digunakan dalam pengaturan waktu di media sosial, aplikasi pesan, dan layanan pesan lainnya.
  14. AM dan PM sering digunakan dalam jadwal kegiatan atau acara-acara yang diadakan di hari yang sama, misalnya “acara tersebut akan diadakan pada pukul 10:00 AM”.
  15. AM dan PM juga digunakan dalam pengaturan waktu di perjalanan, misalnya “keberangkatan pesawat akan pukul 7:00 AM” atau “keberangkatan kereta akan pukul 6:00 PM”.
  16. AM dan PM juga digunakan dalam pengaturan waktu di televisi dan radio, misalnya “acara tersebut akan ditayangkan pada pukul 8:00 PM”.
  17. AM dan PM juga digunakan dalam pengaturan waktu di jadwal pertemuan atau rapat, misalnya “pertemuan tersebut akan diadakan pada pukul 9:00 AM”.
  18. AM dan PM juga digunakan dalam pengaturan waktu di jadwal pelajaran atau kuliah, misalnya “pelajaran tersebut akan diadakan pada pukul 1:00 PM”.
  19. AM dan PM juga digunakan dalam pengaturan waktu di jadwal pertandingan olahraga, misalnya “pertandingan tersebut akan diadakan pada pukul 7:00 PM”.
  20. AM dan PM juga digunakan dalam pengaturan waktu di jadwal pertunjukkan atau acara hiburan, misalnya “pertunjukkan tersebut akan diadakan pada pukul 8:00 PM”.

Tags: Arti Kata AM PM, Makna AM PM, Maksud AM PM, Penjelasan AM PM, Pengertian AM PM, Definisi AM PM, Singkatan AM PM, Kepanjangan AM PM

Leave a Reply