20 Perbedaan Penelitian kualitatif VS Kuantitatif! Yang Wajib Diketahui

20 Perbedaan Penelitian kualitatif VS Kuantitatif! Yang Wajib Diketahui

Definisi Penelitian kualitatif VS Kuantitatif

WIKKIP.COM – Penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif adalah dua metode yang berbeda untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Penelitian kualitatif biasanya menekankan pada pengumpulan data yang tidak terstruktur, seperti wawancara, observasi, atau diskusi kelompok. Penelitian ini mencoba untuk memahami fenomena secara mendalam dengan cara mengeksplorasi pandangan dan pengalaman subjek yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran yang kaya dan mendalam tentang subjek yang diteliti.

Penelitian kuantitatif, di sisi lain, menekankan pada pengumpulan data yang terstruktur dan terukur dengan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan sebelumnya, seperti kuesioner atau tes. Penelitian ini mencoba untuk menemukan hubungan atau korelasi antara variabel yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah untuk menguji hipotesis atau teori yang telah dikembangkan sebelumnya.

Jadi, perbedaan utama antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif adalah cara mengumpulkan dan menganalisis data. Penelitian kualitatif lebih terfokus pada pengumpulan data yang tidak terstruktur dan mendalam, sementara penelitian kuantitatif lebih terfokus pada pengumpulan data yang terstruktur dan terukur.

Perbedaan Penelitian Kualitatif VS Kuantitatif

Berikut adalah beberapa  perbedaan utama antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif:

  1. Tujuan: Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami dan menggambarkan fenomena secara mendalam, sementara penelitian kuantitatif bertujuan untuk menguji hipotesis dan menemukan hubungan sebab-akibat.
  2. Data: Penelitian kualitatif menggunakan data terutama dari sumber-sumber naratif, seperti wawancara, dokumen, dan catatan observasi. Penelitian kuantitatif menggunakan data terutama dari sumber-sumber nomor, seperti hasil survei atau penelitian eksperimental.
  3. Metode pengumpulan data: Penelitian kualitatif menggunakan metode pengumpulan data yang fleksibel, seperti wawancara terbuka, focus group, dan observasi partisipatif. Penelitian kuantitatif menggunakan metode pengumpulan data yang lebih terstruktur, seperti kuesioner atau pemeriksaan fisik.
  4. Jumlah sampel: Penelitian kualitatif memiliki sampel yang kecil dan terpilih, sementara penelitian kuantitatif memiliki sampel yang lebih besar dan acak.
  5. Analisis data: Penelitian kualitatif menganalisis data secara interpretatif, mencari tema dan pola-pola yang muncul dari data. Penelitian kuantitatif menganalisis data secara statistik, mencari hubungan atau perbedaan antara variabel.
  6. Rigor: Penelitian kualitatif dianggap kurang rigor dibandingkan penelitian kuantitatif, karena tidak mengikuti prosedur yang terstruktur dengan baik dan tidak menggunakan statistik secara eksplisit. Penelitian kuantitatif dianggap lebih rigor karena mengikuti prosedur yang terstruktur dengan baik dan menggunakan statistik secara eksplisit.
  7. Penafsiran: Penelitian kualitatif menghasilkan penafsiran yang subjektif, karena peneliti terlibat secara aktif dalam proses pengumpulan dan analisis data. Penelitian kuantitatif menghasilkan penafsiran yang lebih obyektif, karena peneliti cenderung lebih terpisah dari proses pengumpulan dan analisis data.
  8. Generalisasi: Penelitian kualitatif tidak bertujuan untuk mengembangkan generalisasi yang luas, karena sampel yang kecil dan tidak acak. Penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengembangkan generalisasi yang luas, karena sampel yang besar dan acak.
  9. Hasil: Hasil dari penelitian kualitatif biasanya berupa deskripsi yang detil dan mendalam dari fenomena yang diteliti, sementara hasil dari penelitian kuantitatif biasanya berupa angka atau statistik yang menunjukkan hubungan atau perbedaan antara variabel.
  10. Keunggulan: Penelitian kualitatif lebih cocok untuk memahami fenomena yang kompleks dan tidak terstruktur, sementara penelitian kuantitatif lebih cocok untuk menguji hipotesis dan mengembangkan teori secara sistematis.
  11. Pendekatan: Penelitian kualitatif memiliki pendekatan yang lebih emersif, dimana peneliti terlibat secara aktif dalam proses pengumpulan dan analisis data. Penelitian kuantitatif memiliki pendekatan yang lebih deduktif, dimana peneliti memiliki hipotesis atau teori yang harus diuji terlebih dahulu.
  12. Berfokus pada individu atau kelompok: Penelitian kualitatif lebih memfokuskan pada individu atau kelompok kecil, sementara penelitian kuantitatif lebih memfokuskan pada populasi atau sampel yang lebih besar.
  13. Kedalaman: Penelitian kualitatif memiliki kedalaman yang lebih tinggi, karena mengeksplorasi fenomena secara mendalam dan menggunakan data yang terutama dari sumber-sumber naratif. Penelitian kuantitatif memiliki kedalaman yang lebih rendah, karena hanya menguji hipotesis atau menemukan hubungan sebab-akibat secara sistematis.
  14. Fleksibilitas: Penelitian kualitatif lebih fleksibel dibandingkan penelitian kuantitatif, karena tidak terikat pada desain yang terstruktur dan tidak menggunakan statistik secara eksplisit. Penelitian kuantitatif lebih terikat pada desain yang terstruktur dan menggunakan statistik secara eksplisit.
  15. Penulisan laporan: Penelitian kualitatif menghasilkan laporan yang lebih subjektif, dengan peneliti yang terlibat secara aktif dalam proses pengumpulan dan analisis data. Penelitian kuantitatif menghasilkan laporan yang lebih objektif, dengan peneliti yang cenderung lebih terpisah dari proses pengumpulan dan analisis data.
  16. Fokus: Penelitian kualitatif memfokuskan pada fenomena secara keseluruhan, sementara penelitian kuantitatif memfokuskan pada hubungan atau perbedaan antara variabel.
  17. Analisis data: Penelitian kualitatif menggunakan analisis data secara manual, dengan peneliti yang secara aktif mencari tema dan pola-pola dari data. Penelitian kuantitatif menggunakan analisis data secara komputer, dengan penggunaan software statistik untuk menguji hipotesis dan menemukan hubungan atau perbedaan antara variabel.
  18. Peneliti: Penelitian kualitatif sering memiliki peneliti yang terlibat secara aktif dalam proses pengumpulan dan analisis data, sementara penelitian kuantitatif lebih memiliki peneliti yang terpisah dari proses pengumpulan dan analisis data.
  19. Kemampuan menangkap dinamika sosial: Penelitian kualitatif lebih baik dalam menangkap dinamika sosial, karena menggunakan data dari sumber-sumber naratif dan mengeksplorasi fenomena secara mendalam. Penelitian kuantitatif kurang baik dalam menangkap dinamika sosial, karena hanya menguji hipotesis dan menemukan hubungan atau perbedaan antara variabel.
  20. Keterbatasan: Penelitian kualitatif memiliki keterbatasan dalam hal generalisasi dan rigor, karena tidak menggunakan desain yang terstruktur dan tidak menggunakan statistik secara eksplisit. Penelitian kuantitatif memiliki keterbatasan dalam hal memahami fenomena secara mendalam, karena terikat pada desain yang terstruktur dan menggunakan statistik secara eksplisit.

Tags: Arti Kata Penelitian kualitatif, Makna Penelitian kuantitatif, Maksud Penelitian kualitatif, Penjelasan Penelitian kualitatif, Pengertian Penelitian kuantitatif, Definisi Penelitian kualitatif, Singkatan Penelitian kualitatif, Kepanjangan Penelitian kuantitatif

Leave a Reply