20 Perbedaan Hard Disk GPT VS MBR | Fahami Agar Tidak Salah Beli

20 Perbedaan Hard Disk GPT VS MBR | Fahami Agar Tidak Salah Beli

Perbedaan Hard Disk GPT VS MBR

WIKKIP.COM – GPT (GUID Partition Table) dan MBR (Master Boot Record) adalah dua standar yang digunakan untuk pembagian partisi pada sebuah Hard Disk komputer.

  1. GPT adalah standar yang lebih baru daripada MBR, sehingga memiliki fitur yang lebih canggih dan fleksibel.
  2. GPT menggunakan partisi tabel yang terdiri dari beberapa entri partisi, sedangkan MBR hanya memiliki satu entri partisi.
  3. GPT dapat mengelola partisi dengan ukuran lebih besar daripada MBR. MBR hanya dapat mengelola partisi dengan ukuran maksimal 2 terabyte (TB), sementara GPT dapat mengelola partisi dengan ukuran hingga 9.4 zettabyte (ZB).
  4. GPT menggunakan checksum untuk memverifikasi integritas data pada tabel partisi, sehingga lebih tahan terhadap kegagalan sistem.
  5. GPT biasanya digunakan pada Hard Disk yang memiliki kapasitas lebih dari 2 TB, atau pada sistem operasi yang menggunakan mode UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) untuk booting. MBR biasanya digunakan pada Hard Disk dengan kapasitas kurang dari 2 TB atau pada sistem operasi yang menggunakan mode BIOS (Basic Input/Output System) untuk booting.
  6. GPT menyimpan informasi tentang partisi pada bagian akhir Hard Disk, sedangkan MBR menyimpan informasi tentang partisi pada bagian awal Hard Disk.
  7. GPT menyimpan salinan dari tabel partisi pada beberapa lokasi pada Hard Disk, sehingga lebih tahan terhadap kegagalan sistem. MBR hanya menyimpan satu salinan tabel partisi.
  8. GPT memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan informasi tentang partisi, sehingga lebih fleksibel daripada MBR.
  9. GPT menyimpan informasi tentang partisi dalam format hexadecimal, sedangkan MBR menyimpan informasi tentang partisi dalam format biner.
  10. GPT memiliki kode unik yang disebut “magic number” untuk mengidentifikasi bahwa sebuah Hard Disk menggunakan format GPT, sedangkan MBR juga memiliki kode unik yang disebut “magic number” untuk mengidentifikasi bahwa sebuah Hard Disk menggunakan format MBR.
  11. GPT memiliki struktur yang lebih terstruktur daripada MBR, sehingga lebih mudah dipahami dan dikelola.
  12. GPT menyimpan informasi tentang partisi dalam format ASCII (American Standard Code for Information Interchange), sedangkan MBR menyimpan informasi tentang partisi dalam format biner.
  13. GPT menyimpan informasi tentang partisi dalam format yang sama pada setiap Hard Disk yang menggunakan format tersebut, sedangkan MBR mungkin menyimpan informasi tentang partisi dalam format yang berbeda tergantung pada vendor Hard Disk tersebut.
  14. GPT memiliki tiga bagian utama yang disebut “protective MBR”, “primary GPT header”, dan “primary GPT table”, sedangkan MBR hanya memiliki satu bagian utama yang disebut “boot sector”.
  15. GPT menyimpan informasi tentang partisi dalam bentuk tabel partisi yang terdiri dari beberapa entri, sedangkan MBR menyimpan informasi tentang partisi dalam bentuk tabel partisi yang terdiri dari satu entri.
  16. GPT menyimpan salinan dari tabel partisi pada bagian akhir Hard Disk, sedangkan MBR menyimpan salinan tabel partisi pada bagian awal Hard Disk.
  17. GPT memiliki fitur “disk signature” yang digunakan untuk mengidentifikasi Hard Disk yang menggunakan format tersebut, sedangkan MBR tidak memiliki fitur tersebut.
  18. GPT menyimpan informasi tentang partisi dalam format yang lebih mudah dibaca oleh manusia, sehingga lebih mudah dipahami dan dikelola. MBR menyimpan informasi tentang partisi dalam format yang lebih sulit dibaca oleh manusia.
  19. GPT menyimpan informasi tentang partisi dalam bentuk tabel partisi yang terdiri dari beberapa entri yang disebut “partition entries”, sedangkan MBR menyimpan informasi tentang partisi dalam bentuk tabel partisi yang terdiri dari satu entri.
  20. GPT memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan informasi tentang partisi daripada MBR, sehingga lebih fleksibel daripada MBR.

Tags: Arti Kata GPT MBR, Makna GPT MBR, Maksud GPT MBR, Penjelasan GPT MBR, Pengertian GPT MBR, Definisi GPT MBR, Singkatan GPT MBR, Kepanjangan GPT MBR

Leave a Reply