Apa Kepanjangan MBR Pada Hard Disk ? Arti Singkatan dan Contohnya

Definisi MBR

WIKKIP.COM – MBR (Master Boot Record) adalah standar untuk pembagian partisi pada sebuah Hard Disk komputer. MBR merupakan standar yang telah digunakan sejak tahun 1983 dan masih digunakan hingga sekarang, meskipun telah ada standar baru yang disebut GPT (GUID Partition Table).

MBR terdiri dari beberapa bagian, di antaranya:

Boot loader: bagian ini berisi kode yang digunakan untuk memulai sistem operasi saat komputer di-boot.

Partisi tabel: bagian ini berisi informasi tentang partisi yang terdapat pada Hard Disk. MBR hanya dapat mengelola partisi dengan ukuran maksimal 2 terabyte (TB).

Magic number: bagian ini berisi kode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi bahwa sebuah Hard Disk menggunakan format MBR.

MBR biasanya digunakan pada Hard Disk dengan kapasitas kurang dari 2 TB atau pada sistem operasi yang menggunakan mode BIOS (Basic Input/Output System) untuk booting. Namun, MBR juga dapat digunakan pada Hard Disk dengan kapasitas lebih besar, asalkan sistem operasi yang digunakan mendukung MBR.

Contoh Hard Disk MBR

Beberapa contoh Hard Disk yang menggunakan format partisi MBR adalah:

  1. Hard Disk internal pada komputer desktop atau laptop yang memiliki kapasitas kurang dari 2 TB, atau yang menggunakan sistem operasi dengan mode BIOS untuk booting.
  2. Hard Disk eksternal yang terhubung ke komputer melalui port USB atau eSATA, dan memiliki kapasitas kurang dari 2 TB atau menggunakan sistem operasi dengan mode BIOS untuk booting.
  3. Hard Disk internal pada perangkat lain seperti printer atau router yang memiliki kapasitas kurang dari 2 TB atau menggunakan sistem operasi dengan mode BIOS untuk booting.
  4. Media penyimpanan seperti kartu SD atau flash drive yang memiliki kapasitas kurang dari 2 TB atau menggunakan sistem operasi dengan mode BIOS untuk booting.

Jika Anda ingin memastikan bahwa Hard Disk Anda menggunakan format partisi MBR, Anda dapat memeriksanya dengan menggunakan perintah “diskpart” di command prompt atau terminal.

Untuk menggunakan perintah ini, pertama-tama masuk ke command prompt atau terminal, lalu ketik perintah “diskpart” dan tekan Enter. Kemudian, ketik perintah “list disk” dan tekan Enter lagi. Perintah ini akan menampilkan daftar Hard Disk yang terdeteksi oleh sistem. Pilih Hard Disk yang ingin Anda periksa dengan mengetik perintah “select disk X” (X adalah nomor Hard Disk yang ingin Anda periksa), lalu tekan Enter. Setelah itu, ketik perintah “detail disk” dan tekan Enter lagi. Informasi tentang format partisi Hard Disk akan ditampilkan, di antaranya apakah Hard Disk tersebut menggunakan format GPT atau MBR.


Tags: Arti Kata MBR, Makna MBR, Maksud MBR, Penjelasan MBR, Pengertian MBR, Definisi MBR, Singkatan MBR, Kepanjangan MBR

Leave a Reply