Apa Kepanjangan NVIDIA ? Arti Singkatan dan Penjelasan NVIDIA

Apa Kepanjangan NVIDIA ? Arti Singkatan dan Penjelasan NVIDIA

Definisi NVIDIA

WIKKIP.COM – NVIDIA didirikan pada tahun 1993 oleh Jensen Huang dan tiga rekannya yang sebelumnya bekerja di LSI Logic dan AMD. NVIDIA merupakan singkatan dari “Next-Generation Visual Processing Unit”, yang menggambarkan tujuan perusahaan untuk mengembangkan teknologi pemrosesan grafis yang terbaru dan terdepan.

Pada tahun 1999, NVIDIA memperkenalkan GPU pertamanya yang menggunakan arsitektur programmable shading, yang mengubah cara GPU bekerja dan memungkinkan pengembang untuk membuat game dan aplikasi grafis yang lebih kompleks dan realistis. Sejak saat itu, NVIDIA telah terus mengembangkan teknologi GPU dan produk lainnya yang berkaitan dengan grafis komputer, dan saat ini merupakan salah satu produsen terkemuka dari kartu grafis di dunia.

NVIDIA adalah sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan produk-produk yang berkaitan dengan grafis komputer. NVIDIA merupakan salah satu produsen terkemuka dari kartu grafis (graphics processing unit/GPU) yang digunakan dalam komputer desktop, laptop, dan sistem permainan.

Kartu grafis NVIDIA digunakan untuk mengelola dan menampilkan grafik yang ditampilkan di layar komputer. Kartu grafis NVIDIA juga digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan pemrosesan grafis yang tinggi, seperti game, aplikasi desain grafis, dan aplikasi video editing. NVIDIA juga menawarkan solusi grafis tingkat tinggi untuk data center, mobil, dan sistem rumah pintar.

Selain kartu grafis, NVIDIA juga menawarkan berbagai macam produk dan teknologi lain yang berkaitan dengan pemrosesan grafis, seperti pemroses CPU (central processing unit) yang khusus untuk grafis, perangkat lunak pengembangan grafis, dan solusi virtualisasi grafis. NVIDIA juga terlibat dalam penelitian dan pengembangan teknologi grafis terbaru untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan produknya.

Contoh Produk NVIDIA

Berikut ini adalah beberapa contoh produk NVIDIA:

  1. Kartu grafis desktop: NVIDIA menawarkan berbagai macam kartu grafis desktop yang dapat dipasang di komputer desktop untuk meningkatkan kinerja grafis. Contoh kartu grafis desktop NVIDIA adalah GeForce RTX 3090, GeForce RTX 3080, dan GeForce RTX 3070.
  2. Kartu grafis laptop: NVIDIA juga menawarkan kartu grafis laptop yang dapat dipasang di laptop untuk meningkatkan kinerja grafis. Contoh kartu grafis laptop NVIDIA adalah GeForce GTX 1650, GeForce GTX 1660 Ti, dan GeForce RTX 3060.
  3. GPU untuk data center: NVIDIA juga menawarkan GPU yang dapat digunakan dalam data center untuk meningkatkan kinerja pemrosesan grafis pada skala besar. Contoh GPU untuk data center NVIDIA adalah Tesla V100 dan Tesla T4.
  4. Solusi virtualisasi grafis: NVIDIA juga menawarkan solusi virtualisasi grafis yang dapat membantu mengelola dan membagikan sumber daya grafis pada skala besar. Contoh solusi virtualisasi grafis NVIDIA adalah NVIDIA GRID dan NVIDIA Quadro vDWS.
  5. Perangkat lunak pengembangan grafis: NVIDIA juga menawarkan berbagai macam perangkat lunak pengembangan grafis yang dapat membantu pengembang dalam menciptakan game dan aplikasi grafis yang lebih kompleks dan realistis. Contoh perangkat lunak pengembangan grafis NVIDIA adalah NVIDIA GameWorks dan NVIDIA Nsight.

Tags: Arti Kata NVIDIA, Makna NVIDIA, Maksud NVIDIA, Penjelasan NVIDIA, Pengertian NVIDIA, Definisi NVIDIA, Singkatan NVIDIA, Kepanjangan NVIDIA

Leave a Reply