Apa Itu Pupuk Hewani ? Definisi dan Cara Membuat Pupuk Hewani

Apa Itu Pupuk Hewani ? Definisi dan Cara Membuat Pupuk Hewani

Definisi Pupuk hewani

WIKKIP.COM – Pupuk hewani adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan organik yang berasal dari hewan. Pupuk hewani biasanya terbuat dari kotoran ternak, sisa makanan, atau kotoran burung yang telah difermentasi terlebih dahulu. Pupuk hewani merupakan salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan oleh petani atau pekebun kecil untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Pupuk hewani mengandung hara yang dibutuhkan oleh tanaman seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Selain itu, pupuk hewani juga mengandung mikroorganisme yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Pupuk hewani dapat diolah sendiri di rumah atau dibeli dari toko kelontong atau toko pertanian.

Cara Membuat Pupuk hewani

Untuk membuat pupuk hewani, Anda perlu mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti beberapa langkah-langkah tertentu. Berikut adalah cara umum untuk membuat pupuk hewani:

  1. Cari sumber bahan baku yang akan digunakan sebagai pupuk hewani. Beberapa sumber bahan yang dapat Anda gunakan adalah kotoran ternak, sisa makanan, dan kotoran burung.
  2. Bersihkan bahan baku yang akan digunakan dengan baik, lalu tumbuk atau blender sampai halus. Jika Anda menggunakan kotoran ternak, sebaiknya tambahkan sekitar 1 bagian air untuk 3 bagian kotoran ternak.
  3. Masukkan bahan yang telah diblender ke dalam wadah yang terlindung dari sinar matahari. Tutup wadah tersebut dengan rapat agar tidak terkena udara.
  4. Tunggu selama beberapa hari sampai bahan-bahan tersebut terfermentasi. Anda akan dapat mengenali bahan tersebut sudah terfermentasi jika tercium bau yang tidak sedap.
  5. Setelah bahan-bahan tersebut terfermentasi, tambahkan air sebanyak 1 bagian air untuk 3 bagian bahan yang telah terfermentasi. Aduk hingga rata.
  6. Tuangkan pupuk hewani yang telah dibuat ke dalam botol atau wadah yang tahan air. Simpan di tempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari.
  7. Gunakan pupuk hewani yang telah dibuat dengan cara menyiram tanaman atau mencampurkannya dengan tanah di sekitar tanaman.

Sebagai catatan, membuat pupuk hewani memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 1-2 minggu. Selain itu, proses pembuatan pupuk hewani juga memerlukan perhatian yang cukup agar bahan-bahan yang digunakan tidak terkontaminasi. Jika Anda tidak yakin dengan cara pembuatan pupuk hewani, sebaiknya Anda membeli pupuk yang sudah jadi dari toko kelontong atau toko pertanian.


Tags: Arti Kata Pupuk hewani, Penjelasan Pupuk hewani, Pengertian Pupuk hewani, Definisi Pupuk hewani

Leave a Reply