Apa Itu Kartu Prakerja ? Begini Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Apa Itu Kartu Prakerja ? Begini Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Definisi Kartu Prakerja

WIKKIP.COM – Kartu Prakerja adalah sebuah program pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan kualifikasi masyarakat melalui pelatihan keahlian. Program ini dikelola oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI dan diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui program Kartu Prakerja, masyarakat yang terdaftar akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan keahlian sesuai dengan program yang dipilih. Selain itu, setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan menerima Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan pelatihan kembali atau mengikuti kegiatan lain yang telah disetujui oleh panitia.

Untuk mendaftar Kartu Prakerja, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, seperti berusia di atas 18 tahun, tidak sedang bekerja, dan tidak sedang mengikuti pelatihan keahlian lain. Selain itu, Anda juga harus mengisi formulir pendaftaran dan mengupload dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti foto diri, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK).

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Untuk mendaftar Kartu Prakerja, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs resmi Kartu Prakerja di https://www.prakerja.go.id/
  2. Klik tombol “Daftar” yang terletak di bagian atas halaman.
  3. Isi formulir pendaftaran yang tersedia dengan data diri Anda, seperti nama lengkap, nomor NIK, alamat email, dan nomor telepon. Pastikan data yang Anda isi adalah benar dan valid.
  4. Pilih program pelatihan yang ingin Anda ikuti. Ada beberapa pilihan program pelatihan yang tersedia, mulai dari pelatihan kewirausahaan, teknologi informasi, hingga pelatihan keahlian khusus lainnya.
  5. Upload dokumen yang diperlukan, seperti foto diri, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK). Pastikan dokumen yang Anda upload sudah dalam bentuk file yang sesuai dan tidak rusak.
  6. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran dan mengupload dokumen yang diperlukan, klik tombol “Daftar” untuk menyimpan pendaftaran Anda.
  7. Tunggu hingga pendaftaran Anda diproses oleh panitia. Jika pendaftaran Anda diterima, Anda akan menerima email konfirmasi dan petunjuk selanjutnya.
  8. Ikuti petunjuk selanjutnya yang diberikan oleh panitia, seperti melakukan pembayaran biaya pelatihan dan mengikuti pelatihan yang telah dipilih.
  9. Setelah selesai mengikuti pelatihan, Anda akan menerima Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan pelatihan kembali atau mengikuti kegiatan lain yang telah disetujui oleh panitia.

Pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum mendaftar Kartu Prakerja, agar tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan dalam proses pendaftaran.


Tags: Arti Kata Kartu Prakerja, Makna Kartu Prakerja, Maksud Kartu Prakerja, Penjelasan Kartu Prakerja, Pengertian Kartu Prakerja, Definisi Kartu Prakerja, Singkatan Kartu Prakerja, Kepanjangan Kartu Prakerja

Leave a Reply