Apa Kepanjangan PPKM ? Arti Singkatan dan Definisi PPKM

Definisi PPKM

WIKKIP.COM – PPKM merupakan singkatan dari “Pembatasan Sosial Berskala Besar” atau “Pembatasan Sosial Berskala Kecil”. PPKM merupakan salah satu langkah yang dapat diambil oleh pemerintah untuk menanggulangi penyebaran penyakit menular seperti COVID-19. PPKM dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menutup sekolah, kantor, tempat rekreasi, atau mengurangi kegiatan di tempat umum. PPKM juga dapat dilakukan dengan mengatur jadwal kerja atau jadwal kegiatan di suatu wilayah, sehingga tidak semua orang beraktivitas pada waktu yang sama. Tujuan dari PPKM adalah untuk mengurangi kontak antar individu dan memperlambat penyebaran penyakit menular. PPKM dapat dilakukan secara berskala kecil di suatu wilayah yang terdampak, atau secara berskala besar di seluruh wilayah suatu negara.

Berikut ini adalah beberapa contoh kebijakan PPKM yang diterapkan di Indonesia:

  1. Pembatasan jumlah orang yang boleh beraktivitas di luar rumah, terutama di wilayah dengan tingkat penularan virus COVID-19 yang tinggi.
  2. Pembatasan jam operasional tempat-tempat umum seperti restoran, kafe, dan pusat perbelanjaan.
  3. Pembatasan kegiatan sosial seperti acara pernikahan, pesta, dan lain-lain.
  4. Pembatasan kegiatan olahraga dan rekreasi yang mengakomodasi banyak orang.
  5. Pemberlakuan protokol kesehatan seperti pemakaian masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial.
  6. Pembatasan kegiatan transportasi umum seperti kereta api, bus, dan angkutan umum lainnya.

Kebijakan PPKM ini diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi setempat, dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan situasi penularan virus COVID-19.


Tags: Arti Kata PPKM, Makna PPKM, Maksud PPKM, Penjelasan PPKM, Pengertian PPKM, Definisi PPKM, Singkatan PPKM, Kepanjangan PPKM

Leave a Reply