Apa Itu Ghosting ? Definisi Kata dan Contoh Ghosting

Definisi Ghosting

WIKKIP.COM – Ghosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi di mana seseorang secara tiba-tiba menghilang dari komunikasi tanpa memberikan alasan atau pemberitahuan terlebih dahulu. Ghosting sering terjadi dalam hubungan asmara, di mana seseorang yang pernah berteman atau berkencan dengan seseorang lain secara tiba-tiba menghentikan komunikasi dan tidak memberikan jawaban atas pertanyaan atau pesan dari orang lain. Ghosting juga dapat terjadi dalam kontek profesional, di mana seseorang secara tiba-tiba menghentikan komunikasi dengan rekan kerja atau klien tanpa memberikan penjelasan. Ghosting dapat menyebabkan kekecewaan dan kesulitan bagi orang yang ditinggalkan, karena tidak ada cara untuk tahu apa yang sebenarnya terjadi atau mengapa komunikasi terputus.

Contoh Ghosting

Berikut ini adalah beberapa contoh ghosting yang mungkin terjadi:

  1. Ghosting dalam hubungan asmara: Seseorang yang pernah berkencan dengan seseorang secara tiba-tiba tidak memberikan jawaban atas pesan atau panggilan telepon dari orang lain.
  2. Ghosting dalam pekerjaan: Seseorang yang bekerja di suatu perusahaan secara tiba-tiba menghentikan komunikasi dengan rekan kerja atau klien tanpa memberikan penjelasan.
  3. Ghosting dalam kelompok kerja: Seseorang yang tergabung dalam suatu kelompok kerja secara tiba-tiba tidak mengikuti pertemuan atau tidak memberikan jawaban atas pesan atau email dari anggota kelompok lain.
  4. Ghosting dalam pertemanan: Seseorang yang pernah berteman dengan seseorang secara tiba-tiba tidak lagi berkomunikasi atau bertemu dengan orang tersebut tanpa memberikan penjelasan.

Ghosting dapat terjadi dalam berbagai situasi dan konteks, tetapi pada dasarnya sama saja yaitu seseorang secara tiba-tiba menghentikan komunikasi dengan orang lain tanpa memberikan penjelasan.

Cara Mengatasi Ghosting

Mengatasi ghosting tidak mudah, terutama jika seseorang yang ditinggalkan tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi atau mengapa komunikasi terputus. Namun, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi ghosting:

  1. Cari tahu apa yang terjadi: Jika ghosting terjadi dalam hubungan asmara, pertemanan, atau kelompok kerja, cobalah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan menanyakannya secara langsung kepada orang yang bersangkutan. Jika ghosting terjadi dalam pekerjaan, cobalah untuk berkomunikasi dengan atasan atau HRD untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.
  2. Terima bahwa ghosting terjadi: Setelah mencari tahu apa yang terjadi, terima bahwa ghosting telah terjadi dan bahwa tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengubah situasi tersebut. Ini mungkin sulit, tetapi mencoba untuk menerima kenyataan adalah langkah pertama untuk move on dari ghosting.
  3. Jaga diri sendiri: Ghosting dapat menyebabkan kekecewaan dan rasa sakit, jadi penting untuk memperhatikan kesehatan mental dan fisik saat menghadapi situasi tersebut. Cari seseorang yang dapat dipercaya untuk berbagi pikiran dan perasaan, atau coba untuk mengeluarkan emosi dengan menulis di jurnal atau melakukan kegiatan yang menenangkan seperti yoga atau meditasi.
  4. Pindahkan perhatian: Setelah menerima bahwa ghosting telah terjadi, cobalah untuk pindahkan perhatian ke hal-hal positif lainnya dalam hidup. Fokus pada kegiatan yang menyenangkan, bertemu dengan teman-teman baru, atau mencoba hal-hal baru untuk mengalihkan pikiran dari ghosting.
  5. Belajar dari pengalaman: Ghosting mungkin tidak mudah dilupakan, tetapi cobalah untuk belajar dari pengalaman tersebut dan menjadi lebih baik di masa depan. Pahami apa yang mungkin terjadi sehingga ghosting terjadi, dan cobalah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam hubungan atau komunikasi di masa depan.

 


Tags: Arti Kata Ghosting, Makna Ghosting, Maksud Ghosting, Penjelasan Ghosting, Pengertian Ghosting, Definisi Ghosting, Singkatan Ghosting, Kepanjangan Ghosting

Leave a Reply