Kuliah Di Universitas Gadjah Mada (UGM) ? Profil, Matakuliah, Fasilitas dan Biaya

Kuliah Di Universitas Gadjah Mada (UGM) ? Profil, Matakuliah, Fasilitas dan Biaya

Profil Universitas Gadjah Mada (UGM)

WIKKIP.COM – Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UGM didirikan pada tahun 1949 dan merupakan salah satu universitas pertama yang didirikan setelah kemerdekaan Indonesia. UGM merupakan salah satu dari lima perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, yang lainnya adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Diponegoro (Undip).

UGM memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi yang terkemuka di dunia dengan memperkuat kualitas dan kapasitas intelektual serta mengembangkan keunggulan dibidang-bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan kebudayaan. UGM juga memiliki misi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas tinggi serta berwawasan global.

UGM memiliki fakultas-fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. UGM juga memiliki beberapa program studi pascasarjana yang terdiri dari Program Magister dan Program Doktor.

UGM memiliki reputasi yang baik di kalangan akademisi dan industri. UGM telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2018, yang merupakan tingkat terbaik dalam sistem akreditasi perguruan tinggi di Indonesia. UGM juga telah meraih berbagai penghargaan dan prestasi di bidang akademik dan non-akademik, seperti penghargaan sebagai universitas terbaik di Indonesia dari QS World University Rankings pada tahun 2020.

Matakuliah Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menawarkan beragam program studi dan matakuliah. Berikut ini beberapa contoh program studi dan matakuliah yang ditawarkan di UGM:

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
    • Ilmu Politik
    • Hubungan Internasional
    • Ilmu Komunikasi
    • Antropologi
  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
    • Ekonomi Pembangunan
    • Akuntansi
    • Manajemen
    • Ilmu Ekonomi Islam
  1. Fakultas Hukum
    • Ilmu Hukum
    • Hukum Bisnis
    • Hukum Tata Negara
  1. Fakultas Teknik (FT)
    • Teknik Sipil
    • Teknik Mesin
    • Teknik Elektro
    • Teknik Industri
  1. Fakultas Kedokteran (FK)
    • Kedokteran
    • Kebidanan
    • Keperawatan
  1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
    • Matematika
    • Fisika
    • Kimia
    • Biologi
  1. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)
    • Kedokteran Gigi
  1. Fakultas Psikologi (FPsi)
    • Psikologi
  1. Fakultas Farmasi (FF)
    • Farmasi
  1. Fakultas Teknologi Pertanian (FTP)
    • Teknologi Pertanian

Ini hanyalah beberapa contoh program studi dan matakuliah yang ditawarkan di UGM. Selain itu, UGM juga menawarkan program studi dan matakuliah di beberapa fakultas lainnya, seperti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Arsitektur, dan Fakultas Sastra.

Fasilitas Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menyediakan berbagai fasilitas yang dapat membantu kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di UGM:

  1. Perpustakaan: UGM memiliki perpustakaan utama yang terletak di kampus Sumbing yang menyediakan buku, jurnal, dan akses ke database ilmiah yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan staff.
  2. Laboratorium: UGM memiliki berbagai laboratorium yang terdiri dari laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium biologi, laboratorium kimia, laboratorium fisika, dan laboratorium lainnya yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk kegiatan praktikum dan penelitian.
  3. Asrama: UGM menyediakan asrama untuk mahasiswa yang tinggal di luar kota Yogyakarta. Asrama terdiri dari beberapa gedung yang terletak di sekitar kampus yang dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar tidur, ruang kelas, ruang makan, dan ruang bermain.
  4. Fasilitas olahraga: UGM memiliki beberapa fasilitas olahraga yang terdiri dari lapangan futsal, lapangan basket, lapangan tenis, dan lapangan lainnya yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk berolahraga.
  5. Bank dan ATM: UGM memiliki beberapa bank dan ATM yang terletak di sekitar kampus yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk transaksi keuangan.
  6. Kantin dan warung makan: UGM memiliki beberapa kantin dan warung makan yang tersebar di sekitar kampus yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.
  7. Transportasi: UGM menyediakan transportasi umum yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain di kampus.
  8. Ruang kelas: UGM memiliki beberapa gedung yang berisi ruang kelas yang dilengkapi dengan fasilitas seperti projector, whiteboard, dan AC.
  9. Ruang baca: UGM memiliki beberapa ruang baca yang terletak di sekitar kampus yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk belajar atau bersantai.
  10. Klinik: UGM memiliki klinik yang terletak di kampus yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang dimiliki oleh UGM.

Biaya Kuliah Universitas Gadjah Mada (UGM)

Biaya kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) tergantung pada jenis program studi yang diambil. UGM menyelenggarakan program studi strata 1 (S1), strata 2 (S2), dan strata 3 (S3). Biaya kuliah untuk program studi S1 di UGM berkisar antara Rp 6.000.000 sampai Rp 8.000.000 per semester, tergantung pada fakultas dan program studi yang diambil. Biaya kuliah untuk program studi S2 di UGM berkisar antara Rp 8.000.000 sampai Rp 10.000.000 per semester, tergantung pada fakultas dan program studi yang diambil. Biaya kuliah untuk program studi S3 di UGM berkisar antara Rp 10.000.000 sampai Rp 12.000.000 per semester, tergantung pada fakultas dan program studi yang diambil.

Biaya kuliah di UGM termasuk biaya perkuliahan, biaya laboratorium, biaya kelas khusus, biaya kartu mahasiswa, dan biaya lainnya yang berkaitan dengan kegiatan akademik. Selain itu, mahasiswa juga harus membayar biaya asrama, biaya makan, dan biaya lainnya yang berkaitan dengan kehidupan di kampus.

Untuk informasi lebih detail tentang biaya kuliah di UGM, mahasiswa dapat menghubungi bagian keuangan atau bagian akademik di UGM atau mengunjungi situs web resmi UGM.

Perlu dicatat bahwa biaya kuliah di UGM dapat berubah setiap tahun dan informasi di atas hanya sebagai panduan. Untuk informasi lebih lanjut tentang biaya kuliah di UGM , mahasiswa dapat menghubungi bagian keuangan UGM atau mengunjungi situs web resmi UGM .

Untuk mendapatkan informasi terbaru, silakan mengunjungi website resmi UGM : KLIK SINI

 

Tags: Penjelasan Universitas Gadjah Mada (UGM), Definisi Universitas Gadjah Mada (UGM), Singkatan Universitas Gadjah Mada (UGM), Kepanjangan Universitas Gadjah Mada (UGM)

Leave a Reply