Apa Itu Olah Raga Bola Voli ? Aturan dan Cara Bermain Volley

Apa Itu Olah Raga Bola Voli ? Aturan dan Cara Bermain Volley

Definisi Olah Raga Bola Voli

WIKKIP.COM – Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari lima pemain di setiap timnya. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk mengirim bola ke arah lawan dengan cara mengumpan, menendang, atau memukul bola tersebut dengan kepala, tangan, atau bagian tubuh lainnya, kecuali dengan kaki. Setiap tim harus berusaha mencegah bola tersebut jatuh ke tanah di sisi lapangan mereka sendiri, sementara juga berusaha mencoba untuk menyundul bola ke arah lawan agar bola tersebut jatuh di sisi lapangan lawan. Setiap tim harus mencoba untuk memenangkan setiap pertandingan dengan mencetak poin dengan cara mengeluarkan bola dari lapangan lawan atau dengan cara mengirim bola ke dinding atau ke arah lapangan lawan sehingga bola tersebut tidak dapat dikembalikan lagi oleh lawan.

Lapangan bola voli terdiri dari sebuah lapangan persegi panjang yang dibagi menjadi dua bagian oleh garis tengah. Setiap tim berada di sisi lapangan mereka sendiri, di sisi kiri atau kanan lapangan. Pemain di tiap tim harus mencoba untuk mengirim bola ke arah lawan dengan cara mengumpan atau menendang bola tersebut dengan tangan atau bagian tubuh lainnya, kecuali dengan kaki. Setiap tim harus berusaha mencegah bola tersebut jatuh ke tanah di sisi lapangan mereka sendiri, sementara juga berusaha mencoba untuk menyundul bola ke arah lawan agar bola tersebut jatuh di sisi lapangan lawan.

Setiap pertandingan bola voli terdiri dari beberapa set, dengan setiap set dimenangkan oleh tim yang pertama mencapai 25 poin dengan selisih minimal 2 poin dari lawannya. Jika terjadi imbang setelah set pertama selesai, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan set kedua dan set ketiga jika diperlukan. Tim yang pertama mencapai 3 set menang akan memenangkan pertandingan tersebut.

Bola voli merupakan olahraga yang menuntut kekuatan fisik dan keterampilan teknik yang tinggi dari pemainnya. Olahraga ini sangat populer di seluruh dunia dan merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

Peraturan Olah Raga Bola Voli

Peraturan olahraga bola voli secara umum mengatur cara bola voli dimainkan, termasuk cara mengirim bola, cara mencegah bola jatuh ke tanah, dan cara mencetak poin. Berikut ini adalah beberapa peraturan yang penting dalam olahraga bola voli:

  1. Lapangan: Lapangan bola voli terdiri dari sebuah lapangan persegi panjang yang dibagi menjadi dua bagian oleh garis tengah. Tinggi dinding lapangan harus sekitar 2,43 meter untuk pria dan 2,24 meter untuk wanita. Garis tengah merupakan garis netral yang memisahkan lapangan dari tim-tim lawan.
  2. Tim: Setiap tim terdiri dari lima pemain yang terdiri dari empat pemain yang berada di lapangan dan satu pemain pengganti yang berada di luar lapangan.
  3. Pemain: Setiap pemain dapat menggunakan seluruh bagian tubuh kecuali kaki untuk mengirim bola ke arah lawan. Pemain tidak diperbolehkan menyentuh bola dengan kaki atau menyentuh lapangan di sisi lawan.
  4. Bola: Bola yang digunakan dalam olahraga bola voli harus terbuat dari bahan yang lembut dan mudah ditangani, seperti bulu atau kulit. Bola harus memiliki diameter sekitar 21-22 cm dan berat sekitar 260-280 gram.
  5. Poin: Poin dicetak setiap kali tim berhasil mengeluarkan bola dari lapangan lawan atau mengirim bola ke dinding atau ke arah lapangan lawan sehingga bola tersebut tidak dapat dikembalikan lagi oleh lawan.
  6. Set: Setiap pertandingan terdiri dari beberapa set, dengan setiap set dimenangkan oleh tim yang pertama mencapai 25 poin dengan selisih minimal 2 poin dari lawannya. Jika terjadi imbang setelah set pertama selesai, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan set kedua dan set ketiga jika diperlukan. Tim yang pertama mencapai 3 set menang akan memenangkan pertandingan tersebut.
  7. Wasit: Wasit merupakan pengawas pertandingan yang bertugas untuk menentukan apakah bola telah masuk ke dalam lapangan lawan atau tidak, serta mengeluarkan hukuman terhadap pemain yang melanggar peraturan.

Cara Bermain Olah Raga Bola Voli

Cara bermain bola voli adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan lapangan yang sesuai dengan ukuran yang diperbolehkan, termasuk garis tengah, garis sisi lapangan, dan garis net.
  2. Siapkan tim yang terdiri dari lima pemain di setiap tim, dengan empat pemain di lapangan dan satu pemain pengganti di luar lapangan.
  3. Mulai pertandingan dengan cara mengundi siapa yang akan mengawali serve. Tim yang mendapat serve terlebih dahulu akan mengirim bola ke arah lapangan lawan.
  4. Setiap tim harus berusaha mencegah bola jatuh ke tanah di sisi lapangan mereka sendiri, sementara juga berusaha mencoba untuk menyundul bola ke arah lawan agar bola tersebut jatuh di sisi lapangan lawan.
  5. Setiap tim harus mencoba untuk mencetak poin dengan cara mengeluarkan bola dari lapangan lawan atau dengan cara mengirim bola ke dinding atau ke arah lapangan lawan sehingga bola tersebut tidak dapat dikembalikan lagi oleh lawan.
  6. Setiap pertandingan terdiri dari beberapa set, dengan setiap set dimenangkan oleh tim yang pertama mencapai 25 poin dengan selisih minimal 2 poin dari lawannya. Jika terjadi imbang setelah set pertama selesai, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan set kedua dan set ketiga jika diperlukan. Tim yang pertama mencapai 3 set menang akan memenangkan pertandingan tersebut.
  7. Wasit merupakan pengawas pertandingan yang bertugas untuk menentukan apakah bola telah masuk ke dalam lapangan lawan atau tidak, serta mengeluarkan hukuman terhadap pemain yang melanggar peraturan.

Tags: Arti Kata Olah Raga Bola Voli , Penjelasan Olah Raga Bola Voli , Pengertian Olah Raga Bola Voli , Definisi Olah Raga Bola Voli

Leave a Reply