Apa Itu Olah Raga Diving ? Aturan dan Cara Bermain Olah Raga Diving

Apa Itu Olah Raga Diving ? Aturan dan Cara Bermain Olah Raga Diving

Definisi Olah Raga Diving

WIKKIP.COM – Diving adalah olahraga yang melibatkan atlet yang meloncat dari ketinggian yang tinggi ke air dari sebuah trampolin atau platform. Olahraga ini juga dikenal dengan nama “renang gayung” atau “renang tinggi” karena atlet harus menyelam ke dasar kolam setelah meloncat. Diving dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan ketinggian dan jenis gerakan yang dilakukan saat meloncat. Atlet diving biasanya melakukan gerakan acrobatic di udara sebelum mendarat di air dengan postur yang rapi. Olahraga diving membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan kontrol tubuh yang baik serta kemampuan untuk mengatur gerakan dan momentum dengan tepat. Atlet diving juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyelam dan berenang di air. Olahraga diving dipertandingkan di berbagai tingkat, termasuk pertandingan nasional dan internasional seperti Olimpiade dan Kejuaraan Dunia. Atlet diving biasanya berlatih di kolam renang yang dilengkapi dengan trampolin dan platform yang sesuai dengan standar olahraga diving.

Peraturan Olah Raga Diving

Peraturan olahraga diving dikembangkan oleh Federasi Renang Internasional (FINA). Berikut adalah beberapa peraturan yang harus diikuti dalam olahraga diving:

  1. Atlet diving harus memakai pakaian renang yang sesuai.
  2. Setiap atlet diving hanya diperbolehkan melakukan satu kali loncatan dari setiap trampolin atau platform.
  3. Atlet diving harus meloncat dari trampolin atau platform dengan kaki terlebih dahulu.
  4. Atlet diving harus mendarat di air dengan postur yang rapi dan tubuh yang lurus.
  5. Setiap atlet diving harus melakukan gerakan acrobatic di udara sebelum mendarat di air.
  6. Setiap atlet diving harus menyelam ke dasar kolam setelah meloncat.
  7. Nilai yang diberikan kepada setiap atlet diving tergantung pada ketinggian dari trampolin atau platform, kesulitan gerakan acrobatic yang dilakukan, dan kemampuan atlet diving dalam menyelam dan mendarat dengan postur yang rapi.
  8. Juri akan memberikan nilai kepada setiap atlet diving berdasarkan skor yang telah ditentukan oleh FINA.
  9. Atlet diving dengan skor tertinggi akan menjadi pemenang dalam pertandingan diving.

Cara Bermain Olah Raga Diving

Berikut adalah langkah-langkah untuk bermain olahraga diving:

  1. Siapkan alat-alat yang diperlukan, seperti trampolin atau platform, kolam renang, dan pakaian renang. Pastikan semua alat sudah disiapkan dengan baik dan sesuai dengan standar olahraga diving.
  2. Persiapkan diri Anda dengan memakai pakaian renang yang sesuai dan memanaskan tubuh dengan melakukan latihan pemanasan yang sesuai.
  3. Mulailah meloncat dari trampolin atau platform dengan kaki terlebih dahulu. Pastikan Anda melakukan gerakan acrobatic di udara sebelum mendarat di air.
  4. Setelah meloncat, selamlah ke dasar kolam sesuai dengan standar olahraga diving. Pastikan Anda mendarat di air dengan postur yang rapi dan tubuh yang lurus.
  5. Ulangi proses meloncat dari trampolin atau platform sesuai dengan jumlah kali loncatan yang telah ditentukan.
  6. Setelah selesai, lakukan latihan pemanasan dingin dan bersiap untuk pertandingan selanjutnya.
  7. Ingat untuk selalu memperhatikan peraturan olahraga diving yang telah ditentukan oleh Federasi Renang Internasional (FINA) dan selalu memperhatikan keselamatan diri Anda ketika bermain olahraga diving.

Tags: Arti Kata Olah Raga Diving, Penjelasan Olah Raga Diving, Pengertian Olah Raga Diving, Definisi Olah Raga Diving

Leave a Reply