Apa Itu Database NoSQL? Penjelasan dan Contoh Sintak Kode NoSQL

Apa Itu Database NoSQL? Penjelasan dan Contoh Sintak Kode NoSQL

Definisi NoSQL

WIKKIP.COM – NoSQL adalah kependekan dari “Not Only SQL”, yang merujuk pada database yang tidak menggunakan struktur data relasional seperti database SQL (Structured Query Language) biasa. NoSQL menawarkan cara yang lebih fleksibel untuk menyimpan dan mengakses data daripada database relasional, yang seringkali lebih cocok untuk aplikasi web yang menangani data yang terstruktur dengan sedikit atau tidak terstruktur.

Ada berbagai jenis database NoSQL, setiap dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa jenis database NoSQL yang populer adalah:

  1. Database dokumen: Menyimpan data dalam bentuk dokumen, seperti JSON (JavaScript Object Notation). Contohnya adalah MongoDB.
  2. Database kolom: Menyimpan data dalam bentuk kolom-kolom yang terkait. Contohnya adalah Cassandra.
  3. Database kunci-nilai: Menyimpan data dalam bentuk pasangan kunci-nilai. Contohnya adalah Redis.
  4. Database grafis: Menyimpan data dalam bentuk grafik dengan nodus dan tautan. Contohnya adalah Neo4j.

Contoh Sintak NoSQL

MongoDB: MongoDB adalah salah satu database NoSQL yang paling populer. Sintaksnya menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dan menyimpan data dalam format JSON (JavaScript Object Notation). Berikut ini adalah beberapa contoh sintaks MongoDB:

  • Menyimpan data

  • Mengambil Data

Cassandra: Cassandra adalah database NoSQL yang digunakan untuk menyimpan data yang besar dan terdistribusi. Sintaksnya menggunakan bahasa pemrograman CQL (Cassandra Query Language), yang mirip dengan SQL. Berikut ini adalah beberapa contoh sintaks Cassandra:

  • Menyimpan data

  • Mengambil data

Redis: Redis adalah database NoSQL yang digunakan untuk menyimpan data yang dapat diakses secara cepat, seperti cache atau data yang sering digunakan. Sintaksnya menggunakan bahasa pemrograman Redis. Berikut ini adalah beberapa contoh sintaks Redis:

  • Menyimpan data

  • Mengambil data

  • Menghapus data

 

Database NoSQL sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan skala yang besar dan kecepatan akses yang tinggi, seperti aplikasi media sosial, aplikasi e-commerce, dan banyak lagi. Namun, database NoSQL tidak sepopuler database relasional seperti MySQL atau PostgreSQL, dan tidak selengkap fitur yang ditawarkannya. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan aplikasi Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan database NoSQL.


Tags: Arti Kata NoSQL, Penjelasan NoSQL, Pengertian NoSQL, Definisi NoSQL, Singkatan NoSQL, Kepanjangan NoSQL

Leave a Reply