Apa Itu Bahasa Pemrograman CSS ? Penjelasan dan Contoh Kode CSS

Definisi CSS

WIKKIP.COM – CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur tampilan elemen HTML di halaman web. Dengan CSS, Anda dapat mengatur seperti apa elemen HTML akan terlihat di halaman web, seperti ukuran font, warna, margin, dan banyak lagi.

CSS menggunakan aturan-aturan yang disebut “styles” yang menentukan bagaimana elemen HTML akan terlihat. Setiap aturan terdiri dari selektor yang menentukan elemen HTML yang akan diberi gaya, dan properti yang menentukan bagaimana elemen tersebut akan terlihat.

Contoh Sintak CSS

Berikut adalah contoh sederhana kode CSS yang mengatur font dan warna teks di elemen HTML:

Di sini, selektor body menentukan bahwa aturan ini akan diterapkan pada elemen body di halaman web. Properti font-family menentukan jenis font yang akan digunakan, sedangkan properti color menentukan warna teks.

Anda dapat menggunakan CSS dengan menambahkan kode CSS ke dalam file HTML atau dengan menuliskannya di dalam file CSS yang terpisah dan menyertakan file tersebut ke dalam HTML menggunakan elemen <link>. Berikut adalah contoh cara menyertakan file CSS ke dalam HTML:

  • Mengatur warna teks:
  • Mengatur ukuran font:
  • Menambahkan background warna:
  • Menambahkan border:
  • Menyembunyikan elemen:
  • Menggunakan class untuk mengatur tampilan:
  • Menggunakan id untuk mengatur tampilan:

Dengan menggunakan CSS, Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan halaman web Anda tanpa perlu mengubah kode HTML yang ada. Ini sangat membantu dalam pengembangan situs web yang memiliki banyak halaman dengan tampilan yang sama, karena Anda hanya perlu mengubah satu file CSS untuk mengubah tampilan semua halaman.


Tags: Arti Kata CSS, Penjelasan CSS, Pengertian CSS, Definisi CSS, Singkatan CSS, Kepanjangan CSS

Leave a Reply