Apa Itu Bahasa Pemrograman ASP.NET ? Penjelasan dan Contoh Sintak ASP.NET

Definisi ASP.NET

WIKKIP.COM – ASP.NET adalah platform pengembangan web yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan bahasa pemrograman .NET. ASP.NET memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi web yang dinamis dan terhubung dengan database dengan cara yang mudah dan efisien.

ASP.NET menyediakan berbagai bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk menulis kode, seperti C#, VB.NET, dan F#. Namun, C# adalah bahasa pemrograman yang paling sering digunakan untuk menulis kode ASP.NET.

Contoh Coding ASP.NET

Berikut adalah contoh sederhana kode ASP.NET yang menampilkan pesan “Hello, World!” di halaman web:

Di sini, blok kode ASP.NET dimulai dengan tanda <% dan diakhiri dengan tanda %>. Di dalam blok ini, kita dapat menuliskan perintah yang akan dieksekusi oleh server, seperti menampilkan pesan dengan perintah Response.Write.

  • Menampilkan teks pada halaman web:

  • Membuat form input:

  • Menangani form input:

  • Membuat link ke halaman lain:

  • Membuat looping:

ASP.NET juga menyediakan banyak fitur yang memudahkan pengembangan aplikasi web, seperti kontrol web yang dapat digunakan untuk membuat formulir, tabel, dan tombol dengan mudah, serta kemampuan untuk mengakses database dengan mudah menggunakan ADO.NET.

Selain itu, ASP.NET juga menyediakan framework MVC (Model-View-Controller) yang memungkinkan Anda untuk memisahkan logika aplikasi dari tampilan aplikasi, sehingga memudahkan dalam pengembangan dan pemeliharaan aplikasi web yang lebih besar.


Tags: Arti Kata ASP.NET, Penjelasan ASP.NET, Pengertian ASP.NET, Definisi ASP.NET, Singkatan ASP.NET, Kepanjangan ASP.NET

Leave a Reply