Apa Itu Bahasa Pemrograman ASP ? Penjelasan dan Contoh Sintak ASP

Definisi ASP

WIKKIP.COM – ASP (Active Server Pages) adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan Anda untuk membuat halaman web dinamis yang dapat berinteraksi dengan server. Halaman web dinamis ini dapat menampilkan informasi yang disimpan di server, memproses data yang dikirimkan oleh pengguna melalui formulir web, atau menampilkan informasi yang diperoleh dari database.

Contohnya adalah sebuah situs web yang menampilkan formulir pendaftaran untuk menambahkan data baru ke database. Pengguna dapat mengisi formulir tersebut dan mengirimkannya ke server. Server kemudian akan memproses data tersebut dan menambahkannya ke database.

Contoh Sintak ASP

Untuk membuat halaman web dinamis dengan ASP, Anda perlu menuliskan kode ASP ke dalam file HTML biasa. Kode ASP akan dieksekusi oleh server sebelum halaman tersebut dikirimkan ke browser pengguna. Berikut adalah contoh sederhana kode ASP yang menampilkan pesan “Hello, World!” di halaman web:

Di sini, blok kode ASP dimulai dengan tanda <% dan diakhiri dengan tanda %>. Di dalam blok ini, kita dapat menuliskan perintah yang akan dieksekusi oleh server, seperti menampilkan pesan dengan perintah Response.Write.

  • Menampilkan teks pada halaman web:
  • Membuat form input:
  • Menangani form input:
  • Membuat link ke halaman lain:
  • Membuat looping:
  • Membuat fungsi:

ASP juga memungkinkan Anda untuk menggunakan variabel, percabangan, dan perulangan seperti bahasa pemrograman lainnya. Namun, sebagian besar kode ASP akan berfokus pada manipulasi data yang disimpan di server, seperti mengambil data dari database atau mengirim data ke database.


Tags: Arti Kata ASP, Penjelasan ASP, Pengertian ASP, Definisi ASP, Singkatan ASP, Kepanjangan ASP

Leave a Reply