Apa Itu Database SQLite ? Penjelasan dan Contoh Sintak Kode SQLite

Apa Itu Database SQLite ? Penjelasan dan Contoh Sintak Kode SQLite

Definisi SQLite

WIKKIP.COM – SQLite adalah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang ringan dan mudah digunakan. SQLite merupakan salah satu sistem manajemen basis data yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Hal ini karena SQLite memiliki beberapa kelebihan seperti:

  1. Ringan: SQLite tidak memerlukan pengaturan konfigurasi yang rumit dan tidak memerlukan server untuk dijalankan. SQLite dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman apa pun.
  2. Mudah digunakan: SQLite menggunakan perintah SQL yang sama seperti RDBMS lainnya, sehingga mudah dipahami bagi yang sudah terbiasa dengan SQL.
  3. Dapat diandalkan: SQLite merupakan sistem manajemen basis data yang sangat andal dan telah diuji coba di banyak aplikasi.
  4. Gratis: SQLite merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja.

SQLite cocok untuk digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan basis data kecil atau menengah, seperti aplikasi ponsel, aplikasi desktop, atau aplikasi web. SQLite juga sering digunakan sebagai basis data default oleh beberapa sistem operasi, seperti macOS dan Android.

Contoh Sintak / Coding SQLite

Berikut ini adalah beberapa contoh sintak SQLite yang mungkin bisa membantu Anda:

  1. Membuat tabel baru:
  1. Menambahkan baris baru ke tabel:
  1. Mengambil data dari tabel:
  1. Menyaring data dari tabel:
  1. Mengurutkan data dari tabel:
  1. Mengubah data di tabel:
  1. Menghapus baris dari tabel:

Perlu diingat bahwa sintak SQLite mirip dengan sintak SQL yang digunakan oleh RDBMS lainnya, namun mungkin terdapat sedikit perbedaan dalam penulisannya.


Tags: Arti Kata SQLite, Penjelasan SQLite, Pengertian SQLite, Definisi SQLite

Leave a Reply