Apa Itu Gerhana Bulan ? Jenis Gerhana Bulan dan Kapan Terjadinya

Apa Itu Gerhana Bulan ? Jenis Gerhana Bulan dan Kapan Terjadinya

Definisi Gerhana bulan

WIKKIP.COM – Gerhana bulan adalah suatu kejadian di mana Bumi melewati antara Matahari dan Bulan, sehingga cahaya Matahari yang terpantul dari Bumi tidak dapat mencapai Bulan. Ini menyebabkan bagian atau seluruh Bulan terhalangi oleh bayangan Bumi. Terdapat dua jenis gerhana bulan, yaitu gerhana bulan penuh dan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan penuh terjadi ketika seluruh Bulan terhalangi oleh bayangan Bumi, sedangkan gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya sebagian Bulan yang terhalangi oleh bayangan Bumi. Gerhana bulan dapat dilihat dari banyak tempat di Bumi yang berada di dalam garis ekliptika, yaitu garis yang menghubungkan titik tengah Bumi dan Matahari selama satu tahun. Gerhana bulan dapat terjadi beberapa kali setiap tahun, tergantung pada posisi Bumi, Matahari, dan Bulan.

Kapan Gerhana bulan?

Gerhana bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, sehingga cahaya Matahari terhalangi oleh Bumi dan tidak dapat mencapai Bulan. Gerhana bulan dapat terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari (gerhana bulan terang), atau ketika Bulan berada di belakang Bumi dari sudut pandang Matahari (gerhana bulan gelap).

Gerhana bulan terang terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga bagian atas Bulan terhalangi oleh cahaya Matahari yang menyinari Bumi. Gerhana bulan terang biasanya hanya terlihat sebagai sedikit bayangan pada Bulan, yang disebut dengan gerhana bulan penuh terang.

Gerhana bulan gelap terjadi ketika Bulan berada di belakang Bumi dari sudut pandang Matahari, sehingga seluruh permukaan Bulan terhalangi oleh cahaya Matahari yang menyinari Bumi. Gerhana bulan gelap dapat terlihat sebagai bayangan hitam yang menutupi sebagian atau seluruh permukaan Bulan, yang disebut dengan gerhana bulan penuh gelap.

Secara umum Gerhana bulan dapat terjadi dua kali setahun, tergantung pada posisi Bulan, Bumi, dan Matahari dalam siklus orbitnya. Gerhana bulan penuh terjadi ketika Bulan berada tepat di depan Bumi, sehingga bayangan Bumi menutupi seluruh Bulan. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika Bulan hanya terhalangi sebagian oleh bayangan Bumi.

Untuk mengetahui kapan gerhana bulan akan terjadi, Anda dapat mengecek kalender astronomi atau menggunakan aplikasi atau situs web yang memberikan informasi tentang gerhana bulan. Anda juga dapat menghubungi planetarium atau observatorium setempat untuk informasi lebih lanjut. Beberapa sumber informasi yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui kapan gerhana bulan akan terjadi antara lain:

  • Kalender Astronomi: Kalender astronomi menyediakan informasi tentang gerhana bulan, termasuk tanggal dan waktu terjadinya.
  • Aplikasi atau Situs Web: Ada banyak aplikasi atau situs web yang menyediakan informasi tentang gerhana bulan, seperti tanggal dan waktu terjadinya.
  • Planetarium atau Observatorium Setempat: Anda dapat menghubungi planetarium atau observatorium setempat untuk mendapatkan informasi tentang gerhana bulan yang akan terjadi di daerah Anda. Mereka juga biasanya menyelenggarakan acara khusus untuk melihat gerhana bulan.

Tags: Makna Gerhana bulan, Maksud Gerhana bulan, Penjelasan Gerhana bulan, Pengertian Gerhana bulan, Definisi Gerhana bulan

Leave a Reply