Apa Itu Deep Web (Dark Web) ? Penjelasan, Contoh dan Cara Mengakses Deep Web

Apa Itu Deep Web (Dark Web) ? Penjelasan, Contoh dan Cara Mengakses Deep Web

Definisi Deep web

WIKKIP.COM – Deep web adalah bagian dari internet yang tidak diindeks oleh mesin pencari dan tidak dapat diakses melalui browser web standar. Ini termasuk beragam konten, termasuk database pribadi, situs web yang dilindungi password, dan jenis konten lain yang tidak terlihat oleh publik umum. Deep web sering dikaitkan dengan kegiatan ilegal, seperti penjualan barang atau jasa ilegal, tetapi juga digunakan untuk berbagai tujuan yang sah, seperti komunikasi yang aman dan penyimpanan data sensitif. Penting untuk dicatat bahwa mengakses deep web dapat berisiko dan mungkin ilegal di beberapa wilayah, sehingga umumnya tidak disarankan bagi kebanyakan orang.

Deep web merupakan bagian dari internet yang tidak bisa diakses dengan menggunakan mesin pencari, dan untuk mengaksesnya dibutuhkan tautan yang tidak terpublikasi secara umum. Deep web terdiri dari banyak situs yang tidak terindex oleh mesin pencari, seperti database, intranet perusahaan, dan situs yang memerlukan login untuk mengaksesnya. Deep web juga merupakan tempat yang digunakan oleh beberapa orang untuk melakukan kegiatan ilegal seperti jual beli narkoba, senjata, atau kejahatan lainnya. Namun, deep web juga memiliki banyak situs yang bermanfaat yang tidak terindex oleh mesin pencari karena tidak memenuhi standar mesin pencari atau karena tidak diinginkan oleh pemilik situs tersebut untuk dicari oleh mesin pencari.

Contoh Deep web

Berikut ini beberapa contoh deep web:

  1. Database pribadi: Ini adalah database yang tidak dapat diakses oleh publik umum dan sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk menyimpan informasi sensitif.
  2. Situs web yang dilindungi password: Ini adalah situs web yang membutuhkan login dan password untuk diakses. Mereka dapat digunakan untuk tujuan pribadi atau bisnis, seperti menyimpan informasi keuangan atau dokumen perusahaan.
  3. Pasar dark web: Ini adalah situs web yang digunakan untuk menjual barang atau jasa ilegal, seperti obat-obatan, senjata, atau informasi kartu kredit yang dicuri.
  4. Platform komunikasi terenkripsi: Ini adalah platform yang digunakan untuk mengirim pesan yang aman atau melakukan panggilan telepon yang aman. Mereka dapat digunakan oleh jurnalis, aktivis, atau orang lain yang perlu berkomunikasi secara pribadi.

Penting untuk dicatat bahwa mengakses deep web dapat berisiko dan mungkin ilegal di beberapa wilayah, sehingga umumnya tidak disarankan bagi kebanyakan orang.

Cara Mengakses Deep web

Untuk mengakses deep web, Anda memerlukan aplikasi yang disebut “tor browser”. Tor Browser adalah browser web yang dapat digunakan untuk mengakses deep web dengan menyembunyikan identitas Anda dan menghubungkan Anda ke jaringan Tor (The Onion Router). Jaringan Tor adalah jaringan pribadi yang terdiri dari jutaan komputer yang terhubung bersama-sama dan memungkinkan Anda mengakses situs deep web dengan aman dan anonim.

Untuk mengakses deep web dengan menggunakan Tor Browser, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Download dan install Tor Browser di komputer Anda. Tor Browser tersedia secara gratis dan dapat diunduh dari situs resmi Tor Project.
  2. Buka Tor Browser. Jika Anda menggunakan Windows, Anda akan melihat ikon Tor Browser di desktop Anda. Klik ikon tersebut untuk membuka Tor Browser.
  3. Tunggu sampai Tor Browser terhubung ke jaringan Tor. Ini mungkin memerlukan beberapa saat.
  4. Setelah terhubung, Anda akan melihat jendela browser web yang muncul. Anda dapat mengakses situs deep web dengan mengetikkan alamat situs tersebut di kolom URL browser.
  5. Ingatlah bahwa beberapa situs di deep web mungkin tidak aman, jadi selalu berhati-hati saat mengakses situs deep web dan jangan mengklik tautan yang tidak dapat dipercaya.
  6. Jika Anda ingin keluar dari deep web, tutup Tor Browser dan jangan lupa untuk menonaktifkan koneksi Tor dengan mengklik ikon Tor di pojok kanan bawah layar.

Ingatlah bahwa akses ke deep web mungkin dilarang oleh hukum di beberapa negara, jadi selalu pastikan untuk memahami hukum yang berlaku di negara Anda sebelum mengakses deep web.


Tags: Arti Kata Deep web, Makna Deep web, Maksud Deep web, Penjelasan Deep web, Pengertian Deep web, Definisi Deep web

Leave a Reply