Seperti Apa Penyakit Hepatitis Akut ? Inilah Ciri-Ciri / Gejala-Gejalanya

Seperti Apa Penyakit Hepatitis Akut ? Inilah Ciri-Ciri / Gejala-Gejalanya

Definisi Hepatitis Akut

WIKKIP.COM – Hepatitis akut adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada hati. Ini bisa disebabkan oleh infeksi virus, seperti hepatitis A, B, atau C, atau oleh faktor lain seperti obat-obatan atau alkohol yang berlebihan. Gejala hepatitis akut biasanya termasuk sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, demam, dan kelelahan. Beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Penyakit ini biasanya sembuh sendiri dalam beberapa minggu atau bulan, tetapi dalam beberapa kasus, itu bisa menjadi serius dan menyebabkan kerusakan hati yang permanen. Pencegahan terbaik adalah dengan menjaga kebersihan tangan yang baik dan menghindari kontak dengan cairan tubuh orang lain yang mungkin terinfeksi, serta dengan mendapatkan vaksinasi terhadap hepatitis A dan B. Jika Anda mengalami gejala yang disebutkan di atas, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Gejala Hepatitis Akut

Gejala hepatitis akut biasanya muncul dalam waktu 1-4 minggu setelah terinfeksi, tetapi dapat muncul setelah beberapa bulan. Gejala yang paling umum dari hepatitis akut termasuk:

  1. Demam
  2. Sakit kepala
  3. Kelelahan
  4. Nyeri otot atau sendi
  5. Sakit perut
  6. Mual
  7. Muntah
  8. Diare
  9. Bau mulut yang tidak sedap
  10. Kemerahan pada kulit atau mata yang disebabkan oleh peningkatan darah
  11. Penurunan nafsu makan
  12. Warna urine yang gelap
  13. Warna feses yang pucat
  14. Kulit dan mata yang kuning (icterus)

Beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali, atau hanya mengalami gejala ringan. Jika Anda merasa sakit atau merasa tidak sehat, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.


Tags: Arti Kata Hepatitis akut , Makna Hepatitis akut , Maksud Hepatitis akut , Penjelasan Hepatitis akut , Pengertian Hepatitis akut , Definisi Hepatitis akut

Leave a Reply