Apa Kepanjangan NFT ? Penjelasan Lengkap NFT Dan Contohnya

Apa Kepanjangan NFT ? Penjelasan Lengkap NFT Dan Contohnya

Definisi NFT

WIKKIP.COM – NFT atau Non-Fungible Token adalah token unik yang dapat diakui secara digital dan dianggap tidak dapat diganti dengan token lain. Ini bisa digunakan untuk mengkonfirmasi kepemilikan atas item digital, seperti gambar, video, audio, atau bahkan tweet. NFT sering digunakan di pasar seni digital karena memungkinkan pencipta konten untuk memverifikasi kepemilikan dan mengatur distribusi karya mereka secara digital. NFT juga dapat digunakan dalam aplikasi lain, seperti game atau aplikasi sosial, untuk mengkonfirmasi kepemilikan atas item atau hak istimewa di dalam aplikasi tersebut.

NFT bekerja dengan menggunakan teknologi blockchain untuk mengkonfirmasi kepemilikan atas item digital yang unik. Blockchain adalah jaringan terdistribusi yang terdiri dari ribuan komputer yang terhubung bersama yang memverifikasi dan mencatat setiap transaksi dalam jaringan tersebut. Setiap transaksi yang terverifikasi akan ditambahkan ke dalam blok yang terhubung dengan blok-blok sebelumnya, membentuk rantai blok (blockchain).

Saat Anda membeli NFT, Anda akan menerima token unik yang terhubung dengan item digital yang Anda beli. Token ini tercatat dalam blockchain dan tidak dapat diganti dengan token lain, yang membuatnya tidak dapat ditukar atau diganti dengan item digital lain. Ini membuat NFT unik dan memungkinkan pencipta konten atau pemilik untuk mengkonfirmasi kepemilikan atas item digital yang bersangkutan.

Untuk mengakses item digital yang terhubung dengan NFT, Anda biasanya harus menggunakan aplikasi atau platform yang mendukung NFT. Aplikasi atau platform ini akan membantu Anda mengelola NFT yang Anda miliki dan mengakses item digital yang terhubung dengan NFT tersebut. Beberapa contoh platform yang mendukung NFT adalah OpenSea, Rarible, dan Nifty Gateway.

Contoh NFT

Berikut adalah beberapa contoh NFT yang telah terjual dengan harga yang sangat tinggi:

  1. “Everydays: The First 5000 Days” oleh Beeple, sebuah kumpulan gambar digital yang telah terjual seharga $69,3 juta pada tahun 2021.
  2. “CryptoKitties,” sebuah game yang menggunakan NFT untuk mengkonfirmasi kepemilikan atas kucing-kucing digital unik yang telah terjual seharga $140.000 pada tahun 2017.
  3. “Crossroads” oleh Trevor Jones, sebuah video digital yang telah terjual seharga $6,6 juta pada tahun 2021.
  4. “Everydays: The First 10000 Days” oleh Beeple, sebuah kumpulan gambar digital yang telah terjual seharga $2,2 miliar pada tahun 2021.

Namun, perlu diingat bahwa harga NFT bisa sangat bervariasi dan tidak semua NFT akan terjual dengan harga yang tinggi. Sebagian besar NFT tidak memiliki nilai yang signifikan, tergantung pada popularitas dan permintaan pasar.


Tags: Arti Kata NFT, Makna NFT, Maksud NFT, Penjelasan NFT, Pengertian NFT, Definisi NFT, Singkatan NFT, Kepanjangan NFT

Leave a Reply