Contoh Struktur Tabel / Database Untuk Membuat Aplikasi Program Penjualan Sederhana

Contoh Struktur Tabel / Database Untuk Membuat Aplikasi Program Penjualan Sederhana

WIKKIP.COM – Aplikasi penjualan adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola transaksi penjualan produk atau jasa. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan atau bisnis untuk mengelola dan melacak pesanan, pembayaran, dan pengiriman produk ke pelanggan. Aplikasi penjualan dapat juga membantu mengelola inventori produk dan menghitung laba atas penjualan.

Aplikasi penjualan dapat berupa software desktop yang diinstal pada komputer, aplikasi web yang dapat diakses melalui internet, atau aplikasi mobile yang dapat diunduh dan diinstall pada ponsel pintar. Aplikasi penjualan dapat digunakan oleh perusahaan atau bisnis kecil, menengah, atau besar, tergantung pada kebutuhan dan ukuran operasi bisnis tersebut.

Untuk membuat struktur database untuk aplikasi penjualan, berikut adalah beberapa tabel yang mungkin diperlukan:

  1. Customers: tabel ini berisi informasi tentang pelanggan, seperti nama, alamat, dan nomor telepon.
  2. Products: tabel ini berisi informasi tentang produk yang dijual, seperti nama, harga, dan deskripsi.
  3. Orders: tabel ini berisi informasi tentang pesanan yang dibuat oleh pelanggan, seperti tanggal pesanan, jumlah total, dan status pesanan (dibayar atau belum dibayar).
  4. Order_items: tabel ini berisi informasi tentang produk-produk yang termasuk dalam suatu pesanan, termasuk jumlah yang dipesan dan harga satuan.
  5. Payments: tabel ini berisi informasi tentang pembayaran yang diterima untuk pesanan, termasuk tanggal pembayaran, jumlah, dan metode pembayaran.
  6. Shipping: tabel ini berisi informasi tentang pengiriman pesanan ke pelanggan, termasuk alamat pengiriman dan tanggal pengiriman.

Secara umum, struktur database untuk aplikasi penjualan harus mencakup informasi tentang pelanggan, produk, pesanan, dan pembayaran, serta menyediakan cara untuk mengelola dan melacak informasi tersebut.

Berikut adalah struktur database yang dapat Anda gunakan untuk aplikasi penjualan, dengan sintaks SQL untuk membuat tabel-tabel tersebut:

Untuk menambahkan data ke dalam tabel-tabel tersebut, Anda dapat menggunakan perintah INSERT INTO. Sebagai contoh, untuk menambahkan pelanggan ke tabel Customers, Anda dapat menggunakan perintah berikut:

Sintaks ini akan menambahkan baris baru ke tabel Customers dengan nama “John Smith”, alamat “123 Main St”, dan nomor telepon “555-555-1212”.

Leave a Reply