Apa Yang Dimaksud Resesi ? Definisi dan Arti Kata Resesi Beserta Contohnya

Apa Yang Dimaksud Resesi ? Definisi dan Arti Kata Resesi Beserta Contohnya

Definisi Resesi

WIKKIP.COM – Resesi adalah suatu masa di mana pertumbuhan ekonomi suatu negara atau wilayah terhenti atau menurun secara signifikan. Resesi dapat ditandai dengan penurunan produk domestik bruto (PDB), penurunan tingkat pengangguran, dan penurunan investasi. Resesi biasanya terjadi sebagai akibat dari faktor-faktor seperti krisis keuangan, perang, atau pandemi.

Resesi dapat memiliki dampak yang signifikan bagi individu dan perusahaan. Individu dapat mengalami masalah keuangan seperti penurunan pendapatan atau peningkatan pengangguran, sedangkan perusahaan dapat mengalami penurunan penjualan dan keuntungan. Resesi juga dapat memiliki dampak negatif bagi pemerintah, seperti penurunan pajak dan peningkatan utang.

Untuk mengatasi resesi, pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan fiskal dan moneter yang sesuai, seperti memberikan bantuan keuangan kepada individu dan perusahaan yang terdampak, atau menurunkan suku bunga untuk mendorong investasi. Pemerintah juga dapat mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang meningkatkan kompetitifitas ekonomi dan meningkatkan investasi di sektor-sektor yang penting.

Contoh Resesi

Berikut ini adalah beberapa contoh resesi yang terjadi di berbagai negara di dunia:

  1. Resesi Global 2009: Resesi global ini terjadi pada tahun 2009 akibat dari krisis keuangan yang terjadi di Amerika Serikat. Krisis ini terjadi karena beberapa bank besar yang mengalami kebangkrutan karena investasi yang tidak tepat dalam produk keuangan yang bernama “subprime mortgage”. Krisis ini menyebar ke negara-negara lain di dunia, sehingga memicu resesi global yang berlangsung hingga tahun 2010.
  2. Resesi Eropa 2012: Resesi ini terjadi di beberapa negara di Eropa pada tahun 2012 akibat dari krisis utang yang terjadi di beberapa negara di wilayah tersebut, seperti Yunani, Spanyol, dan Portugal. Krisis ini terjadi karena beberapa negara tersebut mengalami masalah fiskal yang parah, sehingga tidak mampu membayar utang yang telah dibuatnya. Resesi ini berlangsung hingga tahun 2013.
  3. Resesi Jepang 1990-an: Resesi ini terjadi di Jepang pada tahun 1990-an akibat dari kebangkrutan beberapa perusahaan property yang telah meminjam dana secara berlebihan. Kebangkrutan ini menyebabkan terjadinya krisis keuangan yang memicu resesi yang berlangsung hingga tahun 2000-an.
  4. Resesi Tiongkok 2020: Resesi ini terjadi di Tiongkok pada tahun 2020 akibat dari pandemi COVID-19 yang menyebar di seluruh dunia. Pandemi ini menyebabkan terjadinya penurunan permintaan dan penurunan produksi, sehingga memicu resesi di Tiongkok.

Tags: Arti Resesi , Makna Resesi , Maksud Resesi , Penjelasan Resesi , Pengertian Resesi , Definisi Resesi

Leave a Reply