Penyebab Osteoporosis Dan 6 Tips Cara Mengatasi Penyakit Tulang Rapuh / Pengeroposan

Penyebab Osteoporosis Dan 6 Tips Cara Mengatasi Penyakit Tulang Rapuh / Pengeroposan

WIKKIP.COMOsteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Penyebab utama osteoporosis adalah kekurangan kalsium dan vitamin D dalam tubuh. Kekurangan kalsium dapat terjadi karena asupan makanan yang kurang, mengalami masa menopause, atau meminum obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid. Vitamin D diperlukan untuk menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi, sehingga kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan osteoporosis.

Selain itu, faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan osteoporosis meliputi:

  1. Usia: Risiko osteoporosis meningkat seiring bertambahnya usia.
  2. Rasa sakit: Penyakit atau keadaan yang menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan dapat menyebabkan seseorang tidak dapat melakukan aktivitas fisik yang cukup, sehingga menyebabkan penurunan massa tulang.
  3. Rokok: Merokok dapat menyebabkan penurunan massa tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.
  4. Asupan alkohol yang berlebihan: Asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan massa tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.
  5. Keturunan: Risiko osteoporosis dapat diturunkan melalui keturunan. Jika orang tua Anda memiliki osteoporosis, maka Anda juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita penyakit ini.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi osteoporosis:

  1. Konsumsi asupan kalsium yang cukup. Kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang, sehingga Anda perlu mengonsumsi asupan kalsium yang cukup setiap hari. Sumber makanan yang kaya kalsium antara lain susu, keju, yogurt, dan sayuran hijau.
  2. Ikuti pola makan yang sehat. Jaga asupan protein yang cukup dan hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula.
  3. Latihan teratur. Latihan fisik teratur, terutama latihan beban seperti berjalan kaki, naik tangga, atau bersepeda, dapat meningkatkan kekuatan tulang.
  4. Hindari alkohol dan rokok. Konsumsi alkohol dan merokok dapat meningkatkan risiko osteoporosis.
  5. Sesuaikan dosis obat. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan osteoporosis, seperti obat kortikosteroid, bicarakan dengan dokter tentang cara mengurangi risiko osteoporosis melalui pengaturan dosis atau pemilihan obat lain.
  6. Bicarakan dengan dokter tentang pengobatan osteoporosis. Dokter dapat memberikan saran tentang pengobatan yang tepat untuk Anda, seperti suplemen kalsium dan vitamin D, atau obat-obatan yang dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Leave a Reply