Penyebab Anak Susah Makan Dan 5 Tips Cara Mudah Mengatasi Anak Susah Makan

Penyebab Anak Susah Makan Dan 5 Tips Cara Mudah Mengatasi Anak Susah Makan

WIKKIP.COM – Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak susah makan, diantaranya:

  1. Tidak suka dengan rasa atau tekstur makanan: Anak-anak dapat tidak suka dengan rasa atau tekstur makanan yang diberikan, sehingga mereka tidak mau makan.
  2. Masalah dengan gigi: Jika anak sedang mengalami masalah dengan gigi, maka mereka mungkin akan merasa tidak nyaman saat makan.
  3. Terlalu banyak makanan yang disajikan: Anak mungkin merasa terintimidasi jika terlalu banyak makanan disajikan, sehingga mereka tidak mau makan.
  4. Penyakit atau infeksi: Anak mungkin tidak mau makan jika sedang sakit atau mengalami infeksi, karena merasa tidak enak badan atau tidak nyaman.
  5. Masalah dengan saluran cerna: Beberapa masalah dengan saluran cerna seperti diare atau mual dapat menyebabkan anak tidak mau makan.
  6. Masalah emosional atau psikologis: Anak mungkin tidak mau makan jika sedang mengalami masalah emosional atau psikologis seperti stres atau kecemasan.

Jika Anda mengalami masalah dengan anak yang susah makan, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda menjadi lebih suka makan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Ajak anak Anda memasak atau membantu menyiapkan makanan. Anak-anak biasanya lebih suka makan makanan yang mereka bantu membuat sendiri. Anda dapat mengajak anak Anda membantu menyiapkan makanan seperti memotong sayuran, mengaduk adonan, atau mengukus nasi. Ini dapat membuat anak Anda lebih tertarik dan tertantang untuk mencoba makanan yang dibuatnya sendiri.
  2. Sajikan makanan dalam bentuk yang menarik. Anak-anak biasanya lebih suka makan makanan yang disajikan dalam bentuk yang menarik dan unik. Anda dapat mencoba menyajikan makanan dalam bentuk puzzle, boneka, atau bentuk lain yang menarik perhatian anak. Anda juga dapat menggunakan piring atau gelas yang berwarna-warni atau bermotif untuk menyajikan makanan.
  3. Berikan pilihan makanan yang sehat dan bervariasi. Anak-anak biasanya lebih suka makan makanan yang sehat dan bervariasi. Sajikan anak Anda berbagai macam makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein hewani atau nabati. Anda juga dapat mengajak anak Anda mencoba makanan baru yang sehat dan bergizi. Ini dapat membuat anak Anda lebih tertarik untuk mencoba makanan yang sehat dan bervariasi.
  4. Ajak anak Anda makan bersama keluarga. Anak-anak biasanya lebih suka makan bersama keluarga daripada makan sendiri. Ajak anak Anda makan bersama keluarga di meja makan yang sama, dan gunakan waktu makan untuk bercakap-cakap dan bersosialisasi. Ini dapat membuat anak Anda merasa lebih nyaman dan nyaman ketika makan, sehingga dia akan lebih suka makan.
  5. Jangan terlalu memaksa atau membujuk anak Anda untuk makan. Anak-anak biasanya tidak suka dipaksa atau dibujuk untuk makan. Jangan memaksa atau membujuk anak Anda untuk makan lebih banyak

Leave a Reply