Apa Yang Dimaksud Domain ? Penjelasan Fungsi Dan Contoh Domain

Apa Yang Dimaksud Domain ? Penjelasan Fungsi Dan Contoh Domain

WIKKIP.COM – Domain adalah nama unik yang diberikan kepada sebuah situs web atau aplikasi di internet. Domain biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya adalah nama unik yang diberikan kepada situs web, dan ekstensi yang menunjukkan tipe situs web tersebut (misalnya “.com” untuk situs web komersial, atau “.org” untuk organisasi nirlaba). Contoh domain adalah “google.com” atau “wikipedia.org”. Domain membantu pengguna internet untuk menemukan dan mengakses situs web yang mereka cari dengan mudah.

Contoh beberapa domain yang populer:

  1. “.com” adalah salah satu ekstensi domain yang paling populer di internet. Ekstensi ini biasanya digunakan oleh situs web komersial, termasuk toko online, layanan web, dan perusahaan besar. “.com” merupakan singkatan dari “commercial” atau “perdagangan”, yang menunjukkan bahwa situs web yang menggunakan ekstensi ini biasanya berkaitan dengan bisnis atau kegiatan ekonomi. Contoh domain dengan ekstensi “.com” adalah “google.com”, “amazon.com”, dan “apple.com”.
  2. “.net” adalah salah satu ekstensi domain yang biasanya digunakan oleh layanan internet atau jaringan. Ekstensi ini merupakan singkatan dari “network”, yang menunjukkan bahwa situs web yang menggunakannya biasanya berkaitan dengan teknologi jaringan atau internet. Namun, ekstensi ini juga dapat digunakan oleh perusahaan atau organisasi lain yang tidak terkait secara langsung dengan jaringan. Contoh domain dengan ekstensi “.net” adalah “verizon.net”, “foxnews.net”, dan “cnn.net”.
  3. “.org” adalah salah satu ekstensi domain yang biasanya digunakan oleh organisasi nirlaba atau non-profit. Ekstensi ini merupakan singkatan dari “organization”, yang menunjukkan bahwa situs web yang menggunakannya biasanya dioperasikan oleh organisasi nirlaba atau lembaga sosial. Namun, ekstensi ini juga dapat digunakan oleh perusahaan atau individu lain yang tidak terkait secara langsung dengan organisasi nirlaba. Contoh domain dengan ekstensi “.org” adalah “wikipedia.org”, “redcross.org”, dan “unicef.org”.
  4. “.gov” adalah salah satu ekstensi domain yang hanya dapat digunakan oleh pemerintah federal Amerika Serikat. Ekstensi ini merupakan singkatan dari “government”, yang menunjukkan bahwa situs web yang menggunakannya dioperasikan oleh pemerintah federal AS. Hal ini dapat mencakup departemen, lembaga, atau agensi pemerintah federal. Ekstensi “.gov” juga dapat digunakan oleh pemerintah daerah atau lokal di AS, tetapi hal ini jarang terjadi. Contoh domain dengan ekstensi “.gov” adalah “whitehouse.gov”, “fema.gov”, dan “cdc.gov”.
  5. “.ac” adalah salah satu ekstensi domain yang biasanya digunakan oleh perguruan tinggi atau lembaga akademik. Ekstensi ini merupakan singkatan dari “academy” atau “academic”, yang menunjukkan bahwa situs web yang menggunakannya dioperasikan oleh sebuah perguruan tinggi atau lembaga akademik. Ekstensi “.ac” biasanya digunakan di negara-negara Inggris seperti Inggris, Australia, atau Selandia Baru. Contoh domain dengan ekstensi “.ac” adalah “ox.ac.uk” (University of Oxford), “mit.ac.uk” (Massachusetts Institute of Technology), dan “anu.ac.au” (Australian National University).

Tags: Arti Domain, Makna Domain, Maksud Domain, Penjelasan Domain, Pengertian Domain, Definisi Domain

Leave a Reply