Apa Itu Bahasa Pemrograman Delphi ? Penjelasan dan Contoh Coding Sederhana Delphi

WIKKIP.COM – Bahasa pemrograman Delphi adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Borland dan merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer untuk membangun aplikasi Windows. Delphi menggunakan bahasa pemrograman Pascal sebagai dasar, tetapi juga menyertakan fitur-fitur yang tidak ada dalam Pascal, seperti kemampuan untuk membangun antarmuka pengguna (GUI) dan mengakses database. Delphi juga memiliki kompiler yang cepat dan mudah digunakan, sehingga memungkinkan pengembang untuk dengan cepat membangun aplikasi yang kuat dan berkualitas.

Berikut ini adalah contoh sintak bahasa Delphi:

Dalam contoh di atas, kita pertama-tama mendeklarasikan nama program kita menggunakan pernyataan program. Kemudian, kita menggunakan direktif {$APPTYPE CONSOLE} untuk mengindikasikan bahwa program kita adalah aplikasi konsol, bukan aplikasi GUI.

Kemudian, kita menggunakan pernyataan uses untuk menyertakan unit SysUtils, yang berisi fungsi-fungsi yang dibutuhkan untuk bekerja dengan sistem operasi. Di dalam blok begin…end, kita menggunakan perintah WriteLn untuk mencetak string “Hello, world!” ke layar, dan kemudian menggunakan ReadLn untuk menunggu input dari pengguna sebelum mengakhiri program.


Tags: Penjelasan Program Delphi, Pengertian Program Delphi, Definisi Program Delphi

Leave a Reply