Apa Itu Bahasa Pemrograman C++ ? Penjelasan dan Contoh Coding Sederhana C++

WIKKIP.COM – Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1979. Ini adalah bahasa yang dianggap sangat berguna dalam dunia pemrograman karena fleksibilitas dan kemampuan untuk digunakan dalam berbagai situasi, seperti pengembangan perangkat lunak, sistem operasi, dan aplikasi perangkat lunak. C++ juga memiliki konsep orientasi objek, yang memungkinkan pengembangan aplikasi yang lebih terstruktur dan mudah dikelola.

Berikut ini adalah contoh sintak dari bahasa C++:

Dalam contoh di atas, kode #include <iostream> digunakan untuk memasukkan file header iostream, yang berisi deklarasi kelas dan fungsi yang diperlukan untuk menangani input/output dalam C++. Kemudian, kode using namespace std; digunakan untuk mengambil semua fungsi yang ada dalam namespace std, sehingga kita tidak perlu mengetik std setiap kali kita ingin menggunakan fungsi dari namespace tersebut.

Kemudian, kode int main() adalah fungsi utama dari program C++. Ini adalah bagian dari program yang akan dieksekusi pertama kali ketika program tersebut dijalankan.

Dalam fungsi main(), kode cout << “Hello World!” << endl; digunakan untuk menampilkan pesan “Hello World!” ke layar. Kode endl digunakan untuk menambahkan baris baru di akhir pesan yang ditampilkan.

Akhirnya, kode return 0; digunakan untuk menyatakan bahwa program telah berhasil dijalankan dan mengembalikan nilai 0 ke sistem operasi.


Tags: Penjelasan Program C++, Pengertian Program C++, Definisi Program C++

Leave a Reply