Apa Kepanjangan Dari BPJS ? Arti Singkatan Pengertian dan Definisi BPJS

WIKKIP.COM – BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan sosial di Indonesia. Jaminan sosial merupakan suatu program yang memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap risiko sosial seperti sakit, pensiun, dan kecelakaan kerja. BPJS memiliki beberapa program, di antaranya BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut ini adalah beberapa tugas utama BPJS:

  1. Menyelenggarakan jaminan sosial untuk melindungi masyarakat dari risiko sosial, seperti risiko sakit, risiko cacat, risiko tua, dan risiko kematian.
  2. Menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan, yaitu menyediakan layanan kesehatan bagi peserta jaminan sosial kesehatan yang terdaftar.
  3. Menyelenggarakan jaminan sosial ketenagakerjaan, yaitu menyediakan layanan jaminan sosial bagi tenaga kerja yang terdaftar.
  4. Menyelenggarakan jaminan sosial kepada para pekerja informal, seperti pedagang kecil, petani, dan nelayan.
  5. Menyelenggarakan program-program jaminan sosial lain yang ditetapkan oleh pemerintah, seperti jaminan sosial untuk anak yatim piatu dan jaminan sosial bagi orang dengan disabilitas.
  6. Menyusun dan menetapkan kebijakan-kebijakan jaminan sosial yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  7. Melakukan penyusunan dan pelaksanaan rencana anggaran BPJS.
  8. Melakukan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia BPJS.
  9. Melakukan pembinaan dan pengembangan sarana dan prasarana BPJS.
  10. Melakukan pembinaan dan pengembangan hubungan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain yang terkait dengan jaminan sosial.

Tags: Arti BPJS, Makna BPJS, Maksud BPJS, Penjelasan BPJS, Singkatan BPJS, Pengertian BPJS, Definisi BPJS, Kepanjangan BPJS

Leave a Reply