Apa Itu Skala Richter ? Penjelasan Lengkap Skala Richter Dan Contoh Perhitungannya

Apa Itu Skala Richter ? Penjelasan Lengkap Skala Richter Dan Contoh Perhitungannya

Skala Richter adalah sistem pengukuran yang digunakan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Skala ini dikembangkan oleh seismolog Amerika Charles Francis Richter pada tahun 1935. Skala Richter menggunakan angka untuk mengukur energi yang dipancarkan oleh gempa bumi, dengan skala yang berkisar dari 0 hingga 9. Semakin tinggi angka yang terukur, semakin besar kekuatan gempa bumi tersebut. Gempa bumi dengan skala 5,0 hingga 5,9 dikategorikan sebagai gempa sedang, sementara gempa bumi dengan skala 6,0 hingga 6,9 dikategorikan sebagai gempa besar. Skala Richter hanya dapat digunakan untuk mengukur gempa bumi di daerah yang memiliki sejumlah stasiun seismik.

Berikut adalah beberapa contoh skala Richter:

  1. Gempa bumi dengan skor 2,0 sampai 2,9: Kekuatan gempa bumi ini sangat lemah dan hanya terasa oleh beberapa orang di dekat sumber gempa.
  2. Gempa bumi dengan skor 3,0 sampai 3,9: Kekuatan gempa bumi ini masih lemah, tetapi dapat terasa oleh orang-orang di sekitar wilayah sumber gempa.
  3. Gempa bumi dengan skor 4,0 sampai 4,9: Kekuatan gempa bumi ini sedang, dan dapat terasa oleh orang-orang di seluruh wilayah yang cukup luas di sekitar sumber gempa.
  4. Gempa bumi dengan skor 5,0 sampai 5,9: Kekuatan gempa bumi ini kuat dan dapat menyebabkan kerusakan ringan pada bangunan. Gempa bumi dengan skor ini dapat terasa oleh orang-orang di seluruh wilayah yang cukup luas.
  5. Gempa bumi dengan skor 6,0 sampai 6,9: Kekuatan gempa bumi ini sangat kuat dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada bangunan. Gempa bumi dengan skor ini dapat terasa oleh orang-orang di seluruh wilayah yang sangat luas.
  6. Gempa bumi dengan skor 7,0 sampai 7,9: Kekuatan gempa bumi ini sangat ekstrim dan dapat menyebabkan kerusakan masif pada bangunan. Gempa bumi dengan skor ini dapat terasa oleh orang-orang di seluruh wilayah yang sangat luas.
  7. Gempa bumi dengan skor 8,0 sampai 8,9: Kekuatan gempa bumi ini sangat ekstrim dan dapat menyebabkan kerusakan masif pada bangunan dan menimbulkan tsunami. Gempa bumi dengan skor ini dapat terasa oleh orang-orang di seluruh wilayah yang sangat luas.
  8. Gempa bumi dengan skor 9,0 ke atas: Kekuatan gempa bumi ini sangat ekstrim

Tags: Arti Skala Richter , Makna Skala Richter , Maksud Skala Richter , Penjelasan Skala Richter , Pengertian Skala Richter , Definisi Skala Richter

Leave a Reply