Apa Definisi Benua ? Arti / Pengertian Benua

Apa Definisi Benua ? Penjelasan Arti Kata Benua Dan Contohnya

WIKKIP.COM – Benua adalah sebuah wilayah geografis yang terpisah dari benua lainnya oleh samudera atau lempeng tektonik. Benua terdiri dari daratan yang terpisah oleh lautan yang cukup luas. Ada enam benua di dunia, yaitu benua Asia, benua Afrika, benua Australia, benua Amerika Utara, benua Amerika Selatan, dan benua Eropa. Setiap benua memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi geografis, budaya, maupun sejarahnya.

Ada enam benua di dunia, yaitu:

  1. Asia: Benua terbesar di dunia ini terletak di antara Samudra Pasifik di sebelah barat, Samudra Atlantik di sebelah timur, dan Laut Artik di sebelah utara. Beberapa negara besar di Asia adalah Cina, India, dan Indonesia.
  2. Afrika: Benua ini terletak di antara Samudra Atlantik di sebelah barat, Samudra Pasifik di sebelah timur, dan Laut Tengah di sebelah utara. Beberapa negara besar di Afrika adalah Nigeria, Ethiopia, dan Egipto.
  3. Australia: Benua ini terletak di antara Laut Timor di sebelah barat, Laut Arafura di sebelah timur, dan Laut Tasmak di sebelah selatan. Negara yang terletak di benua ini hanyalah Australia.
  4. Amerika Utara: Benua ini terletak di antara Laut Arktik di sebelah utara, Samudra Atlantik di sebelah barat, dan Samudra Pasifik di sebelah timur. Beberapa negara besar di Amerika Utara adalah AS, Kanada, dan Meksiko.
  5. Amerika Selatan: Benua ini terletak di antara Laut Karibia di sebelah utara, Samudra Pasifik di sebelah barat, dan Laut Atlantik di sebelah timur. Beberapa negara besar di Amerika Selatan adalah Brasil, Argentina, dan Peru.
  6. Eropa: Benua ini terletak di antara Laut Arktik di sebelah utara, Laut Tengah di sebelah barat, dan Laut Hitam di sebelah timur. Beberapa negara besar di Eropa adalah Rusia, Jerman, dan Perancis.

Tags: Arti Benua, Makna Benua, Maksud Benua, Penjelasan Benua, Pengertian Benua, Definisi Benua

Leave a Reply