Monitor Laptop Tidak Menyala (Blank Hitam)? Sebelum di-Service Coba Cara Ini Dulu!

Monitor Laptop Tidak Menyala (Blank Hitam)? Sebelum di-Service Coba Cara Ini Dulu!

WIKKIP.COM – Jika monitor laptop Anda tidak menyala, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya, di antaranya:

  1. Pastikan bahwa laptop Anda telah terhubung dengan sumber daya listrik yang stabil, dan bahwa tombol power laptop sudah ditekan dengan benar.
  2. Cek koneksi kabel VGA atau HDMI yang menghubungkan laptop dengan monitor eksternal, jika Anda menggunakan monitor eksternal. Pastikan koneksi tersebut terpasang dengan benar dan tidak kendor.
  3. Periksa pengaturan display di Control Panel atau Settings di laptop Anda, dan pastikan bahwa Anda telah memilih monitor eksternal sebagai display utama.
  4. Coba restart laptop Anda, lalu coba nyalakan kembali setelah restart.
  5. Jika masalah masih belum terselesaikan, Anda dapat mencoba untuk memperbarui driver display di laptop Anda. Biasanya driver display terdapat di website resmi produsen laptop Anda, atau Anda dapat menggunakan software updater driver seperti Driver Easy untuk memperbarui driver secara otomatis.
  6. Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan, namun monitor laptop masih tetap tidak menyala, mungkin ada masalah dengan hardware laptop Anda. Anda dapat menghubungi produsen laptop atau service center terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Leave a Reply