Cara Membuat / Memasak / Resep Roti Kukus Enak dan Lezat

Cara Membuat / Memasak / Resep Roti Kukus Enak dan Lezat

Definisi Roti kukus

WIKKIP.COM – Roti kukus adalah roti yang diolah dengan cara dipanggang dengan menggunakan uap panas. Roti kukus terbuat dari tepung terigu, gula, garam, dan ragi yang dicampur dan diaduk hingga tercampur rata, kemudian dibentuk menjadi bulatan atau bentuk lain sesuai selera. Setelah dibentuk, roti kukus dibiarkan mengembang selama beberapa saat kemudian dimasukkan ke dalam wadah khusus yang disebut “kukusan” atau “steamer” dan diolah dengan cara dipanggang dengan menggunakan uap panas. Roti kukus biasanya disajikan dengan selai, mentega, atau sebagai pelengkap makanan lain seperti nasi goreng atau sandwich.

Cara Membuat Roti kukus

Berikut adalah resep roti kukus yang dapat Anda coba: Bahan-bahan:

  • 2 cangkir tepung terigu
  • 1/2 cangkir gula
  • 1/2 sdt ragi
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 cangkir susu cair
  • 2 sdm mentega, cairkan
  • 1 butir telur

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, gula, ragi, dan garam dalam sebuah wadah, lalu tambahkan susu, mentega, dan telur, dan aduk hingga tercampur rata.
  2. Timbang adonan roti sesuai keinginan Anda, lalu bentuk menjadi bulatan.
  3. Letakkan adonan roti di dalam loyang yang sudah diolesi mentega, lalu tutup loyang dengan kain kasa yang sudah dibasahi.
  4. Panaskan kukusan hingga mendidih, lalu letakkan loyang yang berisi adonan roti di atas kukusan, dan kukus adonan roti selama sekitar 45 menit hingga roti matang dan mengembang.
  5. Setelah roti matang, angkat dari kukusan dan sajikan selagi hangat.

Catatan: Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti susu kental manis, coklat chip, atau bahan lain sesuai selera Anda untuk memberi rasa yang lebih enak pada roti kukus Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply