Apa Definisi Peta ? Arti Peta Dan Contoh-Contoh Peta

Apa Definisi Peta ? Arti Peta Dan Contoh-Contoh Peta

WIKKIP.COM – Peta adalah sebuah representasi visual dari sebuah wilayah geografis atau bagian dari wilayah geografis. Peta biasanya menunjukkan kontur tanah, sungai-sungai, jalan-jalan, dan bangunan-bangunan di wilayah tersebut, serta menunjukkan bagaimana wilayah tersebut terhubung dengan wilayah-wilayah lainnya. Peta juga biasanya dilengkapi dengan legenda yang menjelaskan simbol-simbol yang digunakan di peta tersebut. Peta dapat dibuat dengan berbagai ukuran, mulai dari peta kecil yang bisa dimasukkan ke dalam dompet hingga peta besar yang menunjukkan wilayah yang sangat luas.

Berikut adalah beberapa contoh peta:

  1. Peta dunia: Peta ini menunjukkan seluruh benua dan negara-negara di dunia, serta batas-batas wilayah antarnegara. Peta dunia juga menunjukkan lautan dan samudra-samudra yang mengelilingi benua-benua tersebut.
  2. Peta negara: Peta ini menunjukkan seluruh wilayah dalam satu negara, termasuk batas-batas antarprovinsi atau antarkabupaten. Peta negara juga menunjukkan kota-kota besar, jalur transportasi, dan bagian-bagian geografis lainnya.
  3. Peta kota: Peta ini menunjukkan seluruh wilayah dalam sebuah kota, termasuk batas-batas antarkelurahan atau antarkecamatan. Peta kota juga menunjukkan jalan-jalan, jembatan, dan bangunan-bangunan penting di kota tersebut.
  4. Peta jalur transportasi: Peta ini menunjukkan jalur-jalur transportasi, seperti jalan raya, kereta api, atau jalur laut. Peta jalur transportasi juga menunjukkan stasiun-stasiun, pelabuhan-pelabuhan, dan bandara-bandara di wilayah tersebut.
  5. Peta topografi: Peta ini menunjukkan kontur-kontur permukaan bumi, seperti bukit, lembah, atau pegunungan. Peta topografi juga menunjukkan jarak antar kontur tersebut, sehingga membantu dalam memahami topografi wilayah tersebut.

Tags: Arti Peta, Makna Peta, Maksud Peta, Penjelasan Peta, Pengertian Peta, Definisi Peta

Leave a Reply