10 Tips Cara Meregistrasikan/Mendaftarkan Domain Website Dengan Benar

10 Tips Cara Meregistrasikan/Mendaftarkan Domain Website Dengan Benar

5 (1 vote)

Berikut beberapa tips tentang cara mendaftarkan nama domain dan yang lebih penting bagaimana memilih nama domain yang tepat untuk bisnismu.

1. Yang Pertama Kamu Butuhkan

Jika kamu mendaftarkan nama domain ‘.com.id’, kamu memerlukan:

  • Nama Bisnis Terdaftar atau Nama Perusahaan yang mirip dengan nama yang ingin kamu daftarkan. Misalnya perusahaan ABCD  dapat mendaftar sebagai www.abcd.com.id
  • Nomor Bisnis atau Nomor Perusahaan yang sudah Terdaftar

Jika kamu mendaftarkan ‘.com’ atau Nama Domain lainnya, kamu tidak memerlukan salah satu dari dua item di atas.

2. Pilih Nama Domain Yang Tepat

Jika kamu memulai bisnis baru, pilih nama yang akan membantu kamu dengan Direktori Bisnis. Sebagian besar Direktori ini daftar menurut abjad sehingga semakin dekat kamu dengan nama yang dimulai dengan ‘A’, semakin tinggi penempatan kamu dalam daftar. (Ini tidak berlaku untuk Mesin Pencari atau search engine)

3. Nama Domain Yang Singkat dan Sederhana

Cobalah untuk menjaga Nama Domain kamu di bawah 10 karakter. Semakin pendek nama kamu, semakin mudah bagi orang untuk mengetiknya secara akurat.

4. Pilih Nama Yang Mewakili Bisnismu

Cobalah untuk memilih nama yang mencakup apa yang kamu lakukan. Ini akan membantu penempatan mesin pencari kamu. Misalnya jika bisnis kamu adalah ‘Cuci Mobil’ maka domain yang bagus untuk didaftarkan adalah www.carwash.com

5. Daftarkan Nama Domin kamu selama 2 Tahun

Daftarkan Nama Domain kamu selama 2 tahun atau lebih. Ini akan memberi tahu Mesin Pencari bahwa kamu serius dengan bisnis kamu dan mereka akan lebih memperhatikan kamu dan penempatan kamu di daftar mereka.

6. Daftarkan Pilihan Nama Domain Sebanyak Mungkin

Daftarkan opsi Nama Domain lainnya untuk bisnis kamu seperti ‘.com‘, ‘.net’, .net.au’ dll. Ini akan melindungi nama kamu secara online dan akan memastikan bahwa pesaing tidak dapat membuat nama yang serupa untuk menarik bisnis kamu.

7. Gunakan Seseorang yang kamu Percaya

Pastikan kamu mendaftarkan Nama Domainmu dengan seseorang yang kamu percaya. Pastikan nama dan nama bisnis kamu terdaftar sebagai pemilik Nama Domain yang kamu daftarkan. Demikian pula, pilihlah perusahaan Registrasi Nama Domain yang memiliki reputasi baik saat kamu mendaftarkan nama domain kamu. Hindari perusahaan luar negeri atau penawaran termurah, pastikan situs web tempat kamu mendaftarkan Nama Domain kamu memiliki nomor telepon kontak jika kamu memiliki masalah di kemudian hari.

8. Simpan Detail Nama Domain kamu Di Tempat yang Aman

Ketika kamu mendaftarkan Nama Domain kamu, kamu akan dikirimi Email Nama Pengguna dan Kata Sandi. Sangat penting bagi kamu untuk menyimpan detail ini di tempat yang aman, ini adalah kunci kamu untuk setiap perubahan yang mungkin ingin kamu buat pada Nama Domain kamu di masa mendatang.

9. Pilih Perusahaan Hosting Situs Web

Setelah nama domain kamu terdaftar, kamu perlu menemukan ‘host’ untuk Nama Domain, email, dan/atau situs web kamu. Pilih perusahaan hosting yang servernya terletak secara lokal, ini secara umum akan membuat situs web kamu lebih cepat diakses.

10. Atur Alamat Email kamu

Minimal, berlangganan hosting email sehingga kamu dapat memiliki alamat email profesional yaitu namakamu@namadomainkamu.com. Ini juga akan melindungi kamu jika kamu perlu mengubah Penyedia Layanan Internet karena kamu akan selalu dapat menyimpan Alamat Email Nama Domain kamu (yaitu namakamu@namakamu.com).


Copyright wikkip.com

5 (1 vote)
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments